Berita

    Ganti Oli Mobil Berapa Km? Ini Tandanya Perlu Diganti

    Salah satu hal yang wajib dilakukan dalam perawatan mobil Anda adalah rutinitas ganti oli mobil. Kegiatan yang satu ini sangat dianjurkan agar tidak ada kendala ketika Anda sedang mengendarai mobil.

    Terdapat dua acuan ketika pemilik kendaraan ingin mengganti oli pada mobil. Yang pertama adalah berdasarkan jarak tempuh kendaraan. Biasanya, seseorang akan mengganti oli kendaraannya setelah mencapai jarak tempuh 10.000 kilometer.

    Acuan yang kedua adalah masa pakai kendaraan. Umumnya, saran yang diberikan untuk mengganti oli adalah setelah enam bulan pemakaian. Acuan mana yang lebih disarankan? Simak penjelasannya berikut ini!

    Pelajari Ganti Oli Mobil Berapa Km

    Menurut buku panduan, penggantian oli mobil disarankan untuk dilakukan setelah melewati jarak berkendara 10.000 km. Hal ini merupakan acuan yang dapat digunakan jika oli yang dipakai murni sintetik. 

    Akan tetapi, jarak 5.000 km adalah batas yang disarankan jika menggunakan oli yang memiliki campuran mineral.

    Hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan berapa km ganti oli mobil adalah kendaraan tersebut dijalankan secara normal dan wajar.

    Asumsi pengoperasian mobil yang normal adalah ketika pemakaian dilakukan untuk menempuh jalanan normal. Mobil tidak sering dipakai untuk melintasi tanjakan, kebut-kebutan, dan mengarungi kemacetan.

    Pantangan dalam Menggunakan Km Sebagai Penggantian Oli

    Pengendara mobil seringkali menggunakan jarak tempuh kendaraan sebagai acuan kapan harus mengganti oli mesinnya. Hal ini dinilai kurang tepat karena jarak tempuh tidak sama dengan running engine hours.

    Dalam situasi tertentu seperti terjebak macet, jumlah kilometer kendaraan tidak akan bertambah. Akan tetapi, karena mesin harus tetap menyala, tentu saja oli mesin akan semakin cepat harus diganti.

    Sebagai gambaran, jarak tempuh kendaraan 10 kilometer tetapi dalam keadaan lalu lintas padat karena macet menghabiskan waktu 60 menit. Penghitungan jarak tempuh 10 kilometer tidak dapat dijadikan acuan karena mesin menyala seperti menempuh 60 kilometer perjalanan.

    Selain itu, kendaraan yang dioperasikan untuk jarak dekat namun dalam keadaan macet memiliki beban kerja mesin yang lebih berat dibandingkan dengan berkendara jauh tapi dilalui dengan lancar.

    Fakta-fakta Penting Seputar Penggantian Oli Mobil

    Orang awam mungkin banyak mendengar informasi yang kurang tepat seputar ganti oli mobil yang beredar. Berikut ini adalah fakta-fakta yang harus Anda ketahui sebelum mengganti oli mesin kendaraan Anda.

    • Perubahan Warna Bukan Indikator Penggantian Oli