Berita

    Jangan Panik, Ini Cara Memperbaiki Door Lock yang Rusak

    Cara memperbaiki door lock pintu mobil adalah salah satu hal yang wajib diketahui oleh Anda. Sebagai salah satu fitur keselamatan, door lock sangat penting untuk diperhatikan, apalagi jika Anda berkendara bersama keluarga tercinta.

    Lantas, bagaimana sih cara memperbaiki door lock pintu mobil yang mengalami kerusakan? Mari simak penjelasannya di bawah ini demi menjaga keamanan keluarga tercinta ketika berkendara di mobil.

    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan door lock pintu mobil rusak. Umumnya, kerusakan yang terjadi pada door lock pintu mobil adalah akibat putusnya kawat penghubung yang ada di dalamnya. Kawat ini berfungsi untuk menghubungkan bagian motor serta tuas pembuka atau penutup kunci.

    Kawat penghubung door lock yang rusak akan membuat pergerakan listrik motor tidak tersalurkan dengan baik. Selain itu, dalam kebanyakan kasus, pemilik mobil biasanya lebih sering menggunakan kunci melalui tuas secara manual dan memaksa kawat penghubung didorong. Hal tersebut dapat menyebabkan kawat penghubung cepat putus.

    Penyebab lain yang dapat menyebabkan door lock pintu mobil rusak adalah adanya kerusakan pada motor penggerak. Selain itu, kerusakan bisa juga terjadi karena kesalahan sistem komputer. Jika masalah yang terjadi adalah seperti ini, maka Anda disarankan untuk menyerahkan proses perbaikan kepada ahlinya saja.

    Nah, jika penyebab door lock pintu mobil rusak sudah ditemukan, maka selanjutnya Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak:

    1. Memeriksa Kawat Penghubung

    Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Maka dari itu, Anda harus memeriksa bagian kawat dengan cermat. Jika ada bagian kawat yang putus, solusinya adalah Anda harus menggantinya dengan kawat yang baru.

    Kawat penghubung yang putus ini sebenarnya bisa diganti sendiri. Untuk menemukan kawat dengan jenis yang sama, Anda harus membawa kawat yang putus tersebut ke bengkel resmi dari mobil Anda. Namun, jika kawat penghubung yang hanya terpotong di bagian ujungnya, Anda bisa regangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

    2. Pemeriksaan Sekring

    Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukan hal tersebut, Anda membutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik. Agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula.