Berita

    Kenali Fungsi Bushing Arm Pada Mobil & Ciri Kerusakannya.

    Bushing arm mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Namu Anda tak perlu kebingungan, di sini Anda akan mendapatkan informasi apa itu bushing arm. Bagaimana bushing arm berfungsi dan apa saja ciri-ciri jika bushing arm mobil Anda rusak.

    Letaknya bushing arm ada pada bagian kaki-kaki mobil untuk mengendalikan performa mobil. Ia menjadi penguat atau tumpuan pada pencengkeram roda. Mari mengenali fungsi bushing arm lebih jauh untuk memaksimalkan perawatan komponen ini.

    Fungsi Bushing Arm Bagi Mobil Anda

    Berbentuk seperti selongsong besi yang memiliki lapisan karet di dalam. Karena letaknya yang tidak terjangkau oleh mata, seringkali pengendara abai akan pentingnya menjaga kinerja bushing arm. Komponen ini menghubungkan antara arm dengan sasis pada bodi bawah mobil. Selain itu ada bushing lain yang memiliki fungsi stabilizer, fungsi menyeimbangkan suspense mobi. Namun di sini akan fokus pada pembahasan bushing arm untuk mobil Anda. 

    Alat ini memiliki kemampuan untuk meredam getaran yang dibuat oleh mobil ataupun hasil dari gesekan kendaraan dengan permukaan jalan. Jika bushing arm mulai usang dan performanya turun, maka sudah sepatutnya Anda harus mengganti komponen ini agar tak menghambat kinerja mobil Anda. 

    Ciri-ciri Bushing Arm yang Rusak

    Tak perlu khawatir, di sini Anda akan mendapatkan informasi bagaimana ciri-ciri jika bushing arm pada mobil Anda mengalami penurunan kinerja. Kapan Anda harus memberi perawatan dan pergantian? Deteksi ciri-cirinya di bawah ini!

    • Laju Mobil Sering Oleng

    Ketika Anda mengendarai mobil dalam kecepatan yang tinggi, mobil akan terasa melayang dan lajunya tidak stabil. Ia cenderung melenceng dari laju seharusnya, bisa ke kiri dan ke kanan tak jelas arahnya. Apalagi saat melintasi jalaan terjal maka mobil akan berasa olengnya. Jangan sampai terlambat lakukan tindakan, karena bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan mobil.

    • Suara yang Mengganggu

    Saat mobil melewati lintasan tidak rata maka timbul bebunyian yang mengganggu muncul dari area dalam kabin mobil. Ini akan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Hal ini bisa jadi pertanda bawa Anda perlu mengganti bushing arm mobil.

    • Kondisi Karet yang Getas

    Pertanda bahwa bushing arm sudah usang dan harus diganti. Dapat dilihat pada keadaan karet yang sudah getas atau mengalami banyak retak. Kenapa bisa retak? Karena banyak melintas di jalanan yang tidak rata dan telah melalui banyak kinerja yang berat. Jika Anda menginginkan bushing arm yang lebih tahan lama, Anda data menggunakan alternative karet dan menggantinya dengan bahan polyurethane. Namun beberapa mobil hanya dapat menggunakan bushing arm berbahan karet, jika Anda hendak menggantinya sebaiknya belilah onderdil yang original. 

    Rawatlah Bushing Arm pada Kendaraan Anda