Berita

    Ketahui Alasan Oli Mobil Cepat Berkurang.

    Pernahkah Anda merasakan oli mesin mobil yang berkurang lebih cepat dari biasanya? Penyebab oli mobil cepat berkurang biasa beragam, dan perlu dideteksi agar bisa segera diatasi sesuai gejalanya.

    Pasalnya, oli mobil yang lebih cepat berkurang dari biasanya bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada komponen mobil yang lain.. Jika penyebab kerusakan tersebut sudah diketahui, maka Anda bisa menentukan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

    Faktor Penyebab Oli Mobil Cepat Berkurang

    Oli adalah pelumas yang berfungsi melindungi komponen mesin agar tidak aus saat bergesekan, sehingga berkurangnya volume oli akibat pemakaian adalah wajar. Namun jika pengurangan tersebut terjadi secara berlebihan, berikut beberapa potensi faktor penyebabnya:

    • Kebocoran Seal Mesin

    Faktor penyebab yang pertama adalah akibat adanya kebocoran pada mesin, tepatnya pada bagian seal packing di sela sambungan mesin. Apabila bagian seal tersebut rusak, maka oli akan lebih cepat menguap hingga habis lebih cepat.

    • Kebocoran Drain Plug

    Drain plug adalah komponen berbentuk baut yang dilengkapi seal khusus, dan berfungsi untuk membuang oli dari dalam mesin mobil. Apabila komponen ini bocor, maka oli di dalam mesin bisa ikut terbuang sehingga lebih cepat berkurang.

    • Kerusakan Ring Piston

    Ring piston atau biasa disebut sebagai ring seher adalah komponen yang berfungsi mencegah kebocoran kompresi pada ruang bakar. Rusaknya komponen ini ditandai dengan munculnya asap knalpot berwarna putih ketika mesin mobil menyala.

    • Penggunaan Oli Berkualitas Jelek

    Penyebab oli mobil cepat berkurang yang selanjutnya adalah akibat penggunaan oli berkualitas rendah sehingga tidak tahan panas dan lebih cepat berkurang. Pasalnya, oli dengan kualitas jelek lebih mudah memuai ketika mesin mobil memanas.

    • Mesin Mengalami Overheating

    Apabila suhu mesin mobil mengalami kenaikan ekstrim atau biasa disebut sebagai overheating, maka olinya akan lebih cepat berkurang. Selain itu, kerusakan pada bagian pendingin mesin juga bisa menjadi salh satu penyebab.

    Solusi agar Oli Mobil Tidak Cepat Berkurang

    Apabila oli mesin mobil bocor, cepat menguap, atau cepat habis, maka mesin akan lebih cepat aus dan cepat rusak karena gaya geseknya menjadi lebih besar. Sebagai solusi, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

    • Ganti Seal Mesin atau Drain Plug