Berita

    Ketahui Cara Membuka Tutup Bensin Mobil, Hal Sepele yang Belum Banyak yang Tahu

    Membuka tutup bensin mobil merupakan hal yang gampang-gampang susah. Anda pasti pernah mengalami kebingungan pada sewaktu akan mengisi bensin mobil di SPBU, bukan? Pastinya bukan hanya Anda saja, namun terdapat sejumlah orang lain yang seperti ini.

    Dikarenakan banyaknya orang yang tidak paham tentang hal ini, apalagi kini pun terdapat berbagai model mobil yang berbeda, maka cara membuka tutup bensin mobil akan sangat menarik untuk dibahas. 

    Cara membuka tutup bensin mobil

    Terdapat sejumlah cara dalam membuka tutup tangki bensin pada mobil. Beberapa diantaranya merupakan cara lama, namun juga terdapat pembaharuan teknologi di dalamnya. 

    Dengan begitu, berikut ini adalah cara-cara untuk membuka penutup bensin 

    • Menekan tombol

    Tombol yang dimaksud dalam hal ini adalah ia yang terletak pada sekitar dashboard. Tidak hanya itu, tombol ini juga biasanya disertai dengan logo SPBU. 

    Untuk membuka tutup bensin mobil, Anda hanya perlu menekan tombol tersebut dan setelah itu penutup tangki bensin dapat membuka dengan sendirinya. 

    Dengan ini, Anda tidak perlu beranjak dari mobil sewaktu hendak mengisi bensin. Cukup dengan menekan tombol tersebut, petugas SPBU langsung bisa mengisi bensin secepatnya. Jadi, tenang saja, duduklah di mobil.

    Terdapat berbagai mobil yang menggunakan tombol seperti ini, salah satunya adalah Wuling Confero. Jenis pembuka tutup bensin menggunakan tombol ini pun dapat menjadi keunikan tersendiri.

    • Menarik tuas

    Hampir sama dengan cara sebelumnya. Bedanya di sini Anda tidak menekan tombol, namun menarik tuas pembuka tutup tangki. 

    Terdapat sejumlah mobil yang memiliki cara ini karena keamanannya lebih terjamin. Hal ini dikarenakan bahwa lokasi tuas lazimnya terletak pada bagian bawah jok atau dashboard, jauh dari jangkauan anak kecil. 

    Beberapa kendaraan yang dengan penarik tuas untuk membuka tutup bensin adalah mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle atau biasa disingkat LMPV. Beberapa contohnya adalah Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Honda Brio, Toyota Avanza, dan lain sebagainya.

    • Menekan kap tutup bensin

    Cara ini dapat dibilang sebagai cara yang terbilang lumayan lama. Sebabnya, Anda tidak butuh untuk menekan tombol tertentu maupun menggunakan kunci sebelum membuka tutup bensin mobil. 

    Oleh karenanya, sewaktu Anda sampai di SPBU, Anda hanya tinggal turun dari mobil lalu menekan kap tutup mesin.