Berita

    Rem Tromol Mobil: Fungsi, Komponen & Cara Kerja Lengkap

    Mobil merupakan sebuah kendaraan yang mempunyai berbagai macam komponen penyusun. Dari berbagai macam komponen, rem menjadi bagian yang sangat vital karena dapat memperlambat laju mobil. Salah satu jenisnya adalah rem tromol mobil. 

    Sebagai pengendara, tentu saja Anda harus mengetahui komponen hingga cara kerja dari rem tromol mobil. Berikut selengkapnya. 

    Fungsi Komponen Rem Tromol Mobil 

    Ada berbagai macam komponen yang dimiliki rem tromol mobil, seperti:

            1. Parking Brake Cable

    Komponen dari rem tromol yang pertama adalah parking brake cable. Komponen ini memiliki bentuk kabel baja yang sering digunakan untuk menarik sistem rem. Kabel yang digunakan pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan kabel lainnya. 

    Fungsi utama yang dimiliki komponen ini ialah sebagai penghubung gerakan tuas rem parkir serta parking brake lever yang berada di sistem rem. 

            2. Drum Tromol

    Berikutnya adalah drum tromol. Komponen ini pada dasarnya mempunyai peran yang begitu penting di dalam sistem kerja dari rem tromol. Drum tromol dibuat dari bahan baja tuang. 

    Drum tromol mempunyai tekstur yang keras serta memiliki bentuk seperti tabung atau drum. Komponen ini mempunyai fungsi utama sebagai media gesekan kampas rem agar putaran roda bisa berhenti di jalan. 

            3. Parking Brake Lever

    Komponen yang satu ini akan membuat konstruksi dari rem tromol terlihat sangat rumit. Di dalam sistem kerja dari parking brake lever, terdapat 2 buah lever yang dijumpai yaitu park brake lever serta brake shoe link. 

    Park brake lever dibuat dengan menggunakan salah satu ujung lengan mempunyai engsel yang terhubung dengan brake shoe di sisi atas, kemudian bagian ujungnya terhubung dengan kabel rem. 

            4. Brake Shoe Holder

    Di sistem pengereman, sepatu rem biasanya diletakkan atau disimpan dengan menempel ke komponen lain. Komponen ini mempunyai sifat mudah digerakkan atau dinamis, sehingga mekanisme holder yang digunakan dapat menunjang rem tromol. 

    Pada dasarnya, brake shoe holder terdiri atas sejumlah bagian, yang termasuk dalam rangkaian pin dan memiliki pengunci per. Tiga komponen ini nantinya disatukan serta menjadi bagian penting yang menempel di backing plate.

            5. Return Spring