Berita

    Featured Image

    5 Benda ini Bisa Memicu Alergi saat Dalam Mobil

    Siapa sangka jika parfum dan boneka imut yang ada di dalam mobil ternyata termasuk benda yang memicu alergi. Jika dibiarkan, keberadaaan barang-barang tersebut akan membuat kenyamanan Anda dalam berkendara menjadi terganggu.  

    Setidaknya ada 5 benda dalam mobil yang harus diwaspadai karena bisa memicu alergi. Apa saja yang termasuk sebagai barang pemicu alergi dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya. 

    Mempelajari Ragam Benda yang Memicu Alergi di Mobil 

    Meski di mata awam terlihat menarik, ternyata ada beberapa benda yang harus dihindari karena bisa membuat alergi Anda kambuh. Berikut kelima benda pemicu alergi yang sebaiknya tidak dibiarkan berada di dalam mobil. 

    • Karpet Dashboard berbahan bulu

    Memasang karpet berbahan bulu di dashboard memang bisa membuat tampilan kabin mobil semakin estetik. 

    Sayangnya, karpet berbahan bulu tersebut bagi sebagian orang termasuk benda yang memicu alergi sehingga harus dihindari. Sebab, karpet jenis ini mudah menyimpan kotoran dan debu terutama jika jarang dibersihkan. 

    • Kosmetik

    Sebagian wanita kerap menyimpan kosmetik tertentu di dalam mobil seperti bedak, lipstik, lip balm, dan lain-lain. Ternyata, cara penyimpanan seperti ini sangat tidak disarankan. 

    Selain bisa merusak kualitasnya, beberapa produk kosmetik tertentu disinyalir bisa memicu alergi. Tidak hanya itu, aroma kosmetik yang terlalu menusuk juga membuat kualitas udara yang ada di dalam mobil akan menurun. 

    • Boneka

    Seperti halnya karpet dashboard yang terbuat dari bulu, boneka yang acapkali dijadikan aksesoris cantik di dalam mobil juga bisa menjadi pemicu alergi. 

    BonekaPixabay

    Terutama jika boneka tersebut terbuat dari bahan yang teksturnya lembut dan halus, seperti kain rasfur dan jarang dibersihkan. 

    Jika boneka ini dipegang atau bahkan dipeluk oleh Anda yang memiliki alergi, maka bisa dipastikan tubuh Anda akan bereaksi, misalnya menjadi bersin secara terus menerus. 

    • Parfum Mobil

    Ruang kabin mobil yang harum dan bersih akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman. 

    Sayangnya, bagi sebagian orang, aroma parfum yang terlalu menyengat termasuk sebagai benda yang memicu alergi sehingga  membuat mereka tidak nyaman saat berada di dalam mobil. 

    • Peralatan Hewan Peliharaan 

    Sering melakukan perjalanan bersama hewan peliharaan tak jarang membuat Anda meletakkan beberapa perlengkapan hewan di dalam dengan alasan kepraktisan. 

    Sayangnya, ada beberapa alat yang justru menjadi pemicu alergi, seperti sisir bulu, sikat, mainan hewan, dan lain-lain. 

    Cara Meminimalisir Risiko Kemunculan Alergi

    Memiliki penyakit alergi terhadap barang atau kondisi tertentu membuat Anda harus memperhatikan barang-barang yang ada di dalam kabin mobil. Untuk meminimalisir risiko alergi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

    • Bersihkan bagian dalam mobil secara teratur mulai dari jendela, dashboard, sandaran kepala, dan bagian lainnya, termasuk boneka yang ada di dalam mobil. Tujuannya adalah untuk menghilangkan semua debu dan kotoran yang menempel. 

    Bila perlu, gunakan penyedot debu khusus mobil dan lap microfiber agar kabin mobil terlihat lebih bersih. 

    • Meskipun Anda mungkin tidak alergi terhadap bulu hewan, bisa saja salah satu penumpang atau keluarga yang alergi. Jadi, untuk lebih amannya, lebih baik menyimpan semua perlengkapan hewan peliharaan di rumah.

    • Hindari penggunaan parfum mobil yang aromanya terlalu menyengat atau yang mengandung bahan kimia pemicu alergi. Sebagai gantinya, pilihlah parfum mobil yang beraroma lembut dan menenangkan. 

    • Jika sering bepergian dengan membawa hewan peliharaan, pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Seperti, memandikan, menyisir bulu hewan peliharaan, dan membawanya ke dokter hewan secara teratur. 

    Itulah kelima benda yang bisa menjadi pemicu alergi saat berada di dalam mobil. Untuk meminimalisir risiko munculnya alergi, jika tidak terlalu diperlukan, sebaiknya hindari penggunaan barang-barang tersebut.