Berita

    Featured Image

    Cara Mudah Mengusir Serangga di Mobil saat Perjalanan Jauh

    Serangga bisa masuk kapan saja ke dalam kabin mobil terutama saat parkir dengan jendela terbuka. Tapi tidak perlu khawatir karena ada tips mengusir serangga yang ampuh dan mudah dilakukan saat di perjalanan. 

    Selain membuat tidak nyaman, keberadaan serangga di dalam kabin juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak segera ditangani. Berikut ada beberapa tips mengatasi serangga yang masuk ke dalam mobil yang bisa Anda coba. 

    Tips Mengusir Serangga Saat di Perjalanan

    Serangga masuk ke dalam mobil bisa disebabkan karena penumpang tidak menjaga kebersihan kabin dan membiarkan jendela terbuka saat parkir di tempat kumuh. Berikut tips mengatasi serangga masuk ke dalam mobil yang mudah dilakukan saat di perjalanan jauh. 

    • Membuang Semua Sampah

    Sebelum melakukan tips-tips lain, hal pertama yang wajib dilakukan yaitu membuang semua sampah yang ada di dalam kabin, termasuk remahan makanan yang jatuh di lorong kursi. 

    Bersihkan dengan teliti hingga tidak ada kotoran yang tersisa karena jika tidak bersih akan terus mengundang serangga datang terutama semut. 

    • Gunakan Kapur Barus

    Kapur barus tidak hanya digunakan untuk mengusir kecoa dan semut di dapur tapi juga bisa Anda gunakan di mobil. Anda dapat membelinya dengan mudah saat di perjalanan karena hampir semua toko dan minimarket menjualnya. 

    • Menabur Bubuk Kopi

    Jika Anda membawa anak-anak sebaiknya hindari menggunakan kapur barus karena disinyalir dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. 

    Bahkan di beberapa negara penggunaan kapur barus telah dilarang karena efek sampingnya terhadap kesehatan. 

    Cara yang lebih aman Anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk mengusir serangga seperti kecoak, semut, dan lainnya. Aroma alami yang dikeluarkan kopi memiliki wangi khas yang tidak disukai sebagian jenis serangga terutama kecoak. 

    Jika ingin lebih praktis bisa membeli gantungan pengharum yang terbuat dari kopi. Jika saat di perjalanan tidak menemukan toko yang menjualnya Anda bisa membeli kopi bubuk sachet yang dijual di toko-toko lalu menaburkan ke beberapa sudut kabin. 

    • Memakai Produk Kimia Pengusir Serangga

    Jika ingin tips mengusir serangga yang lebih ampuh Anda bisa menggunakan produk kimia insektisida pengusir serangga namun cara ini tidak disarankan jika membawa anak-anak dan bayi. 

    Produk ini biasanya berbentuk cairan dan cara menggunakannya dengan disemprot ke bagian mobil yang menjadi sarang persembunyian serangga. 

    Saat melakukan penyemprotan semua lubang mobil harus ditutup rapat agar zat kimia tersebut bekerja optimal. 

    Produk pembasmi serangga ini memang terbukti ampuh namun kandungan zat kimianya cukup berbahaya bagi kesehatan, sehingga tidak disarankan dipakai terlalu sering. 

    • Memilih Tempat Parkir yang Bersih

    Untuk menghindari serangga dan hewan parasit masuk ke dalam mobil, Anda harus menjauhkan mobil dari tempat-tempat kumuh, lembap, dan kotor. 

    Saat berhenti beristirahat di sela-sela perjalanan, sempatkan waktu mencari tempat yang bersih dan aman untuk memarkirkan kendaraan. 

    Sebelum pergi meninggalkan mobil sebaiknya tutup semua jendela terlebih dahulu agar tidak ada hewan dan kotoran masuk ke dalam. 

    Itulah beberapa tips mengusir serangga yang mudah dan ampuh saat berada di perjalanan jauh. Selain memastikan kebersihan mobil, Anda juga perlu memeriksa kondisi komponen-komponen mobil. 

    Bagi yang berada di wilayah Surakarta Anda dapat melakukan booking service secara online di bengkel Resmi Suzuki melalui website www.suzukisurakarta.co.id