Berita

    Ini Dia Ciri Shockbreaker Mobil Bermasalah

    Ciri shockbreaker belakang rusak menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Sayangnya, tidak sedikit pemilik kendaraan yang belum mengetahui ciri kerusakannya. Pada dasarnya, shockbreaker merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi sebagai peredam kejutan ketika melewati jalan yang tidak rata atau rusak. 

    Ketika menggunakan shockbreaker, Anda akan berkendara dengan sangat nyaman serta aman. Sudah tentu kenyamanan ini dapat diperoleh bila shockbreaker berfungsi dengan optimal. Namun, apa jadinya bila shockbreaker rusak?

    Saat shockbreaker rusak, mobil yang dikendarai akan kurang nyaman serta dapat membahayakan penumpang. Oleh sebab itu, ketika mengetahui shockbreaker mengalami kerusakan, pastikan memperbaikinya akan normal kembali. 

    Ciri Shockbreaker Belakang Rusak

    Berikut sejumlah ciri shockbreaker mengalami kerusakan, yang harus Anda waspadai, antara lain:

            1. Terdengar Suara yang Berisik

    Salah satu ciri shockbreaker mengalami kerusakan adalah terdengar suara berisik. Ketika kendaraan tidak mengalami kerusakan, Anda tidak akan mendengar suara berisik dan aneh. 

    Tetapi, bila Anda mendengar suara berisik yang asalnya dari belakang, khususnya di shockbreaker, dapat dipastikan bila shockbreaker mengalami masalah. 

    Umumnya, suara gemuruh ini terdengar ketika kendaraan melewati jalanan tidak rata, lebih-lebih bila laju mobil sedikit melenceng ke kiri atau ke kanan, penyebabnya bisa dari shockbreaker ini. 

            2. Bocornya Oli

    Ciri lain shockbreaker mengalami kerusakan adalah ketika oli mengalami kebocoran. Shockbreaker tidak dapat berfungsi secara maksimal bila tidak ada oli. Oli akan bocor bila shockbreaker rusak. 

    Ketika oli bocor, area sekitar akan berlumuran. Bila Anda melihat oli yang berlumuran, hal ini menjadi tanda jika shockbreaker mengalami kerusakan. Kebocoran ini dapat disebabkan karena seal penutup yang pecah, sehingga oli keluar. 

            3. Ban Sedikit Bergoyang

    Tanda lain shockbreaker belakang rusak adalah ban terasa bergoyang. Shockbreaker yang lokasinya ada di belakang kendaraan mempunyai fungsi penting, salah satunya agar pengendara nyaman. 

    Ketika shockbreaker mengalami kerusakan, hal ini dapat ditandai dengan ban belakang yang terasa bergoyang. Bahkan, ban juga menjadi kurang stabil ketika berada di jalan yang rata serta melewati polisi tidur.