Berita

    Kebiasaan yang Dapat Membebani Aki Mobil Anda

    Aki mobil atau disebut juga dengan Accu adalah sebuah baterai yang menjadi sumber energi listrik pada setiap kendaraan. Fungsinya tak lain untuk menyimpan energi listrik yang berasal dari alternator.

    Dari sini dapat diketahui bahwa fungsi aki memiliki peran yang cukup penting pada kendaraan bermobil. Hanya saja pada kebiasaan-kebiasaan tertentu, justru ini bisa membebani aki dan menimbulkan masalah.

    Kebiasaan Buruk yang Membebani Aki Mobil

    Penggunaan aki harus dimanfaatkan secara bijak agar tidak menimbulkan masalah pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari beberapa kebiasaan ini agar tidak membebani aki seperti di bawah ini!

    • Menghidupkan Perangkat Elektronik saat Mesin Mati

    Pernahkah Anda menghidupkan perangkat elektronik seperti lampu atau headunit saat mesin mobil dimatikan? Mulai sekarang, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena bisa menyedot daya aki menjadi lebih boros.

    Kondisi aki yang mudah habis tentu akan membuat mobil sulit dinyalakan. Maka dari itu, pastikan Anda menyalakan perangkat elektronik pada mobil saat mesin kendaraan hidup, ya!

    • Mobil Tidak Dinyalakan dalam Waktu Lama

    Bagi Anda yang jarang menggunakan mobil untuk mobilisasi sehari-hari, mungkin cenderung mengabaikan kendaraan dalam waktu lama. Faktanya, mobil yang tidak dinyalakan dalam waktu lama, sangat berpotensi membuat aki menjadi soak.

    Hal ini dikarenakan tidak ada asupan setrum pada aki untuk menyuplai daya ke beberapa perangkat saat mesin mobil dimatikan. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk tidak menyalakan mobil dalam waktu dekat, sebaiknya cabut kepala aki pada bagian negatifnya, ya!

    • Penggunaan Aksesoris Mobil yang Berlebihan

    Salah satu kebiasaan yang mempengaruhi kondisi aki mobil cepat soak adalah menggunakan aksesoris kendaraan secara berlebihan. Utamanya, aksesoris ini berkaitan dengan penggunaan listrik pada kendaraan seperti lampu, klakson, hingga perangkat GPS mobil.

    Ada baiknya, pastikan Anda menggunakan aksesoris sesuai kebutuhan kendaraan saja. Penggunaan aksesoris berlebihan ini yang menyebabkan daya aki lebih mudah cepat terkuras dari biasanya.

    • Abai Terhadap Kondisi Aki

    Perhatikan selalu kondisi kepala aki agar komponen sumber listrik ini bisa bekerja lebih baik. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan seperti membersihkan bagian kepala aki menggunakan air panas.

    tidak cek aki

    Lakukan perawatan untuk memastikan body aki dalam keadaan bersih dan terawat. Cara ini dapat membantu aki agar tidak berjamur yang memungkinkan akan menghambat proses distribusi arus listrik ke seluruh bagian mobil.

    • Kurangnya Cairan Aki

    Beberapa jenis aki pada mobil membutuhkan perawatan khusus seperti ukuran ketinggian air di dalamnya. Maka dari itu, pastikan Anda selalu ingat untuk mengecek ketinggian air aki secara berkala.

    Kekurangan cairan aki akan membuat mobil tidak dapat menampung daya listrik secara maksimal. Jika Anda mendapati kondisi air aki terlalu rendah, segera tambahan dengan air mineral yang sudah disuling atau menambahkan dengan air aki khusus mencapai level ketinggian yang diperlukan.

    • Mengganti Aki dengan Kualitas Buruk

    Setiap mobil memang harus melakukan penggantian aki secara berkala untuk memastikan sumber energi listrik dialirkan dengan tepat. Pemilihan aki ini tentunya sangat penting dengan menggunakan aki yang berkualitas.

    Namun, apa dampaknya jika aki yang digunakan memiliki kualitas buruk? Tentu ini membuat daya aki lebih cepat boros dan membebani penggunaan kendaraan Anda.

    Itu dia penjelasan terkait apa saja kebiasaan yang berdampak terhadap kualitas penggunaan aki untuk kendaraan. Jadi, sudah tahu kan bahwa kesalahan dalam memanfaatkan aki bisa menimbulkan masalah pada mobil Anda.