Berita

    Ketahui Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil

    Kondensor AC mobil harus dibersihkan secara berkala agar kabin tetap terasa sejuk saat AC dinyalakan. Pasalnya, komponen ini mudah sekali kotor dan jika tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan suara bising yang cukup mengganggu. 

    Tidak hanya itu, kotoran yang menumpuk dan dibiarkan terlalu lama di kondensor juga berpotensi menyebabkan kerusakan. Jika sudah demikian, satu-satunya cara adalah dengan melakukan penggantian dengan part yang baru. 

    Lantas, bagaimana cara membersihkan kondensor? Apakah harus dibawa ke bengkel? Berikut ulasannya. 

    Kiat Membersihkan Kondensor AC Mobil Tanpa ke Bengkel

    AC pada mobil membutuhkan perawatan jika ingin kinerjanya tetap maksimal. Salah satu bagian AC yang perlu dibersihkan adalah kondensor. 

    Komponen ini terbuat dari kawat tembaga atau aluminium yang letaknya berada di bagian depan mobil antara radiator dan mesin. 

    Sebenarnya, membersihkan kondensor AC pada mobil ini bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan teknisi ahli. Sebab, tahapan-tahapannya hampir mirip dengan membersihkan intercooler AC mobil. Begini langkah-langkahnya. 

            1. Dinginkan Mesin Mobil

    Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membersihkan kondensor adalah memastikan kondisi mesin mobil telah dingin. Hindari membersihkan kondensor pada saat mesin masih menyala atau saat mesin masih panas. 

    Sebab, hal tersebut sangat berisiko karena suhu mesin yang tinggi bisa membuat Anda terluka dan bahkan merusak kondensor itu sendiri. 

    Sebagai gambaran, ketika air bertekanan tinggi disemprotkan ke kondensor yang panas, maka air tersebut akan langsung menguap. Hal tersebut membuat kondensor terdeformasi atau menjadi korosif. 

    Jika sudah demikian, maka komponen ini akan berkurang kinerjanya serta memperpendek masa pakainya. 

            2. Persiapan Peralatan 

    Sambil mendinginkan mobil, Anda bisa mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan kondensor AC mobil. Seperti, kain lap bersih, kunci socket, kunci Inggris, kunci pas, sikat atau kuas dan cairan pembersih khusus. 

            3. Bongkar AC Mobil 

    Langkah berikutnya adalah membongkar bagian AC mobil dan mulailah mencari lokasi kondensor AC tersebut. Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, lokasinya berada di antara mesin dan radiator. 

    Jika sudah ketemu, buka bagian penutup atau keluarkan bagian panel yang melindungi kondensor kemudian angkat dengan hati-hati. Usahakan tidak sampai tertusuk benda asing atau bahkan terjatuh agar kondensor tidak rusak hingga harus diganti.