Berita

    Ketahui Fungsi Connecting Rod atau Batang Seher pada Mobil

    Ada banyak komponen yang terlibat untuk mendukung performa sebuah mobil. Salah satunya connecting rod atau biasa disebut batang seher. 

    Komponen ini terlibat langsung pada kinerja mesin sehingga fungsinya sangat penting. Mari cari tahu apa sebenarnya batang seher itu dan seperti apa peran pentingnya bagi sebuah mobil.

    Apa Itu Connecting Rod?

    Batang seher adalah alat yang posisinya menghubungkan piston dengan bagian poros engkol. Sistem yang terbentuk ini kemudian akan membentuk sebuah mekanisme yang mengubah gerakan lurus jadi melingkar. 

    Spare part yang satu ini termasuk ke dalam bagian penting dari sebuah mesin mobil. Wujud alat ini kaku karena sesuai dengan fungsinya yaitu meneruskan gerakan berupa tarikan dan dorongan. 

    Ada dua bagian utama yang dimiliki oleh batang seher yaitu small end dan big end. Sesuai namanya, small end memiliki ukuran diameter lebih kecil dan big end lebih besar.

    Fungsi Connecting Rod

    Setiap jenis komponen mobil memiliki fungsi penting masing-masing. Batang seher itu sendiri menjadi salah satu komponen penting yang mendukung performa mesin. Berikut adalah beberapa fungsi yang dijalankan:

    • Menghubungkan Piston dengan Poros Engkol

    Telah disebutkan sebelumnya bahwa alat ini berada di antara piston dan poros engkol serta menghubungkan keduanya. Connecting rod akan menghubungkan kedua bagian tersebut dan meneruskan tenaga mesin dari pembakaran. 

    Nantinya, piston akan terhubung langsung dengan bagian ujung dari batang seher yang disebut small end. Kemudian ujung satunya yaitu big end akan terhubung dengan crank pink yang dimiliki poros engkol. 

    • Memindahkan Gaya Piston ke Poros Engkol

    Batang seher tidak hanya membuat piston terhubung ke poros engkol namun juga ikut memindahkan gaya di antara keduanya. Setelah pemindahan gaya terjadi maka alat ini akan membangkitkan momen putar. 

    Piston akan menerima gaya tekanan yang muncul akibat proses pembakaran lalu gaya tersebut diteruskan ke poros engkol melalui batang seher. Proses pemindahan inilah yang nantinya akan membangkitkan momen putar. 

    • Mendukung Kerja Piston

    Tentu saja bagian ini juga menjadi pendukung utama dari kerja piston. Adanya batang seher akan membantu piston bisa bergerak naik turun. Jika tidak ada batang seher, maka piston akan terus diam dan mesin tidak bisa bekerja.