Berita

    Ketahui Penyebab Wiper Mobil Macet

    Wiper mobil adalah salah satu komponen penting pada kendaraan. Saat wiper mobil macet, tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk membersihkan kaca depan dari air hujan, salju, atau kotoran lainnya yang dapat mengganggu pandangan pengemudi.

    Bilah wiper yang terletak di kaca depan ini terbuat dari karet. Bentuknya seperti lengan dan bekerja dengan cara digerakkan maju mundur di kaca depan mobil bagian luar.

    Saat komponen ini macet atau mengalami kerusakan, fungsinya sebagai pembersih kaca tentu akan terganggu. Salah satu ciri dari wiper yang rusak adalah ia berhenti bergerak sehingga bisa membahayakan pengemudi.

    Beberapa Penyebab Wiper Mobil Macet

    Wiper mobil digerakkan oleh sebuah sistem yang di dalamnya terdiri dari komponen-komponen seperti wiper blade, saklar wiper, motor wiper, wiper arm, dan wiper link.

    Komponen-komponen di dalam wiper terbilang mudah rusak, terutama jika sudah usang. Jika salah satu komponen tersebut rusak akan menyebabkan wiper macet. Beberapa hal yang menyebabkan wiper macet adalah sebagai berikut.

    • Karet Wiper Blade Rusak

    Wiper blade terbuat dari karet yang memungkinkan lapisan karetnya dapat bergerak menghapus air di atas permukaan kaca mobil. Selain itu, karet pada wiper tidak akan merusak permukaan kaca saat bergerak membersihkan mobil.

    Salah satu hal yang menyebabkan wiper macet adalah karetnya yang rusak. Saat bergerak membersihkan debu atau menghalau air hujan, karetnya jadi tidak dapat membersihkan dengan sempurna. Pergerakannya pun tidak akan semulus biasanya.

    • Motor Wiper Tidak Berfungsi

    Wiper mobil digerakkan oleh motor. Saat ada kerusakan di motornya, wiper bisa sama sekali macet. Motor wiper rusak bisa jadi karena mengalami korsleting sebab sejatinya motor bergerak karena adanya arus listrik yang mengalir.

    Saat mendapati wiper mobil tiba-tiba macet, sebaliknya cek kabel sirkuit dan lihat apakah ada kabel yang terbakar, putus atau longgar.

    • Sekring Terbakar

    Sekring merupakan komponen penting di bagian wiper mobil. Apabila sekring terbakar, peranti ini tidak dapat menggerakkan wiper dan bahkan dapat membahayakan pengemudi di dalamnya.

    Penyebab sekring terbakar bisa jadi disebabkan oleh beban yang berlebihan, seperti ketika wiper membantu membersihkan tumpukan salju. Sebelum Anda mengganti sekring yang terbakar, pastikan terlebih dahulu tidak ada penghalang yang mengganggu kerja sekring.