Berita

    Featured Image

    Makin Banyak Goresan di Kaca Mobil? Ini Cara Mengatasinya

    Munculnya baret atau goresan pada kaca mobil selain merusak estetika juga bisa mengganggu pandangan saat berkendara. Jika dibiarkan, maka goresan tersebut akan semakin parah dan dalam sehingga sulit untuk dihilangkan. 

    Itu sebabnya sangat disarankan untuk langsung segera diperbaiki jika terlihat ada goresan yang muncul di kaca mobil. Sebenarnya, adakah cara yang efektif untuk menghilangkan baret tersebut? Berikut solusinya. 

    Cara Menghilangkan Goresan pada Kaca Mobil yang Mengganggu Pandangan 

    Pada dasarnya, goresan atau baret pada kaca mobil jika tidak terlalu dalam masih bisa dihilangkan dengan mudah. Bahkan, salah satu bahan yang digunakan untuk menghilangkan baret tersebut selalu tersedia di rumah. 

    Berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda terapkan untuk menyamarkan dan menghilangkan goresan yang muncul pada kaca mobil.   

    • Kompon Mobil

    Cara pertama yang ampuh untuk menghilangkan goresan yang terlihat di kaca mobil adalah dengan menggunakan kompon. 

    Hanya saja, bahan yang umum diaplikasikan untuk memoles atau mengkilapkan bodi kendaraan yang tergores ini hanya efektif untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil yang tergolong ringan atau tidak terlalu dalam. 

    Cara mengaplikasikannya juga cukup simpel karena Anda hanya perlu mengoleskan kompon secukupnya ke bagian kaca yang baret atau tergores secara merata. Namun sebelumnya, pastikan kondisi kaca bersih dari segala kotoran. 

    Setelah itu, lap secara perlahan hingga bersih menggunakan lap microfiber atau kain dengan bahan yang lembut. 

    Sayangnya, bentuk komponen yang berupa cairan dan bersifat oil based bisa menimbulkan efek buram atau kusam pada kaca jika digunakan terlalu banyak. 

    Efek buram ini akan muncul terutama pada saat kaca mobil terkena air hujan. Jangan khawatir, efeknya hanya berlangsung dalam beberapa hari saja dan kaca mobil akan kembali terlihat mengkilap. 

    Selain mudah diaplikasikan, kompon juga mudah ditemukan. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan mobil, di bengkel, atau secara online dengan harga yang relatif terjangkau. 

    • Pasta Gigi

    Cara kedua untuk menyamarkan atau menghilangkan goresan pada kaca mobil adalah dengan menggunakan pasta gigi. Seperti halnya kompon, bahan kedua ini juga hanya ampuh untuk memperbaiki baret yang tidak terlalu dalam. 

    Pasta GigiFreepik.com

    Kandungan pemutih (Hidrogen Peroksida atau Carbamide Peroxide) yang ada pada pasta gigi bisa mengatasi baret tipis pada kaca mobil. 

    Caranya adalah dengan mengoleskan bahan kedua ini ke permukaan kaca yang tergores secara merata menggunakan kain berbahan lembut. 

    Kemudian, diamkan pasta gigi beberapa saat hingga mengering lalu lap kembali bagian tersebut menggunakan kain microfiber dan bilas dengan air bersih. Ulangi langkah-langkahnya sampai goresan atau baret yang ada pada kaca mobil hilang. 

    • Bahan Kimia

    Selain kompon dan pasta gigi, Anda bisa menghilangkan goresan di kaca mobil dengan menggunakan dua bahan kimia yaitu amonia dan cerium oxide yang tersedia di toko peralatan otomotif atau toko bahan kimia. 

    Berikut cara mengaplikasikan kedua bahan kimia tersebut ke kaca mobil yang tergores atau baret.  

    • Amonia

    Campurkan 1/2 ons bahan kimia amonia dengan 1/2 liter air. Celupkan kain microfiber ke larutan tersebut kemudian usapkan sambil sedikit ditekan sesekali ke bagian kaca mobil yang retak. 

    Selanjutnya, biarkan selama beberapa saat agar larutan amonia meresap ke kaca baru kemudian dibersihkan. 

    • Cerium Oxide

    Campurkan cerium oxide dengan air, usahakan larutan ini tidak terlalu encer atau terlalu kental. 

    Oleskan larutan cerium oxide secara perlahan dan merata ke kaca yang tergores menggunakan kain berbahan lembut sambil sesekali ditekan sampai goresan pada kaca menghilang.

    Anda bisa menggunakan salah satu dari keempat bahan tersebut untuk menyamarkan atau menghilangkan baret ringan pada kaca mobil. Untuk kasus goresan pada kaca mobil yang dalam, langsung saja bawa mobil Suzuki kesayangan ke bengkel resmi terdekat.