Berita

    Pentingnya Perawatan Kaca Depan Mobil dan Tata Caranya

    Merawat kaca depan mobil merupakan sebuah rutinitas yang wajib dilakukan sebagai pemilik mobil yang bertanggung jawab. Hal tersebut karena komponen kaca depan ini merupakan komponen penting yang wajib dijaga kebersihan dan kejernihannya.

    Maka dari itu, pada artikel kali ini Anda akan diinformasikan tentang seberapa penting peran menjaga kaca depan dan tata cara merawatnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi kendaraan Anda agar dapat berfungsi optimal.

    Peran Penting Merawat Kaca Depan Mobil

    Komponen kaca depan yang penting pada kendaraan Anda wajib dirawat secara rutin dan berkala. Hal ini tentu ada alasannya dan Anda perlu mengetahui peran penting dalam merawat kaca depan pada mobil. Intip ulasannya di bawah ini!

    • Kaca Depan Tidak Berjamur

    Menjaga dan merawat kaca depan pada mobil Anda bertujuan agar jamur tidak tumbuh di sekitarnya. Dapat diketahui jika Anda mencuci kendaraan dengan air yang tidak bagus dan tidak langsung dikeringkan, maka potensi kaca berjamur akan semakin tinggi.

    Jika kaca depan sudah berjamur akan ditandai dengan bercak putih yang mengeras. Hal ini tentu mengganggu pandangan atau penglihatan Anda ketika mengemudi. Sehingga, menjaga kaca depan dari jamur adalah hal penting yang patut diwaspadai.

    • Pandangan Jernih Ketika Mengemudi

    Jika kaca depan kendaraan Anda jernih karena terus dirawat, maka fungsinya akan lebih optimal. Anda akan nyaman mengemudikan kendaraan Anda dan tidak akan terganggu dengan permasalahan pada kaca depan seperti berjamur atau terkena baret.

    Selain itu, kaca depan yang bersih dan jernih serta body mobil yang rutin dirawat akan memberikan kesan  bahwa Anda merawat kendaraan dengan baik. Maka dari itu, disarankan untuk merawat kaca depan kendaraan Anda setiap hari.

    • Kaca Depan Tidak Baret dan Menjadi Mulus

    Kaca depan kendaraan yang tidak baret alias mulus merupakan hal yang wajib diperhatikan sebagai pengemudi mobil. Melihat kondisi kaca depan yang baret tentu akan mengganggu pandangan jalan di depan.

    Sehingga Anda sebaiknya merawat kaca depan dengan sebaik mungkin dan rutin. Disarankan untuk menggunakan pembersih kaca agar dapat membuat kaca lebih bersih berkilau.

    Cara Merawat Kaca Depan pada Mobil

    Pentingnya merawat kaca depan mobil tidak hanya membuat Anda nyaman saat berkendara, tetapi juga akan membuat awet komponen kaca. Lalu, bagaimana cara merawatnya? Simak cara-cara merawat kaca depan kendaraan di bawah ini:

    • Pasang Bug Shield

    Banyak permasalahan kaca depan pada mobil diakibatkan karena adanya serpihan debu atau serangga yang menempel. Maka dari itu, salah satu cara merawatnya adalah memasang bug shield pada bagian kaca depan kendaraan Anda.

    Bug shield ini berfungsi sebagai deflector yang dipasang di bagian atas mobil Anda. Tenang saja, alat satu ini tidak mengganggu pandangan Anda ketika mengemudi.

    • Rawat Wiper Kaca Depan

    Pada cuaca ekstrem seperti kemarau panjang lalu diikuti musim hujan lebat, terkadang dapat merusak karet wiper Anda. Jika karet wiper tidak dirawat, maka akan berpotensi merusak kaca depan seperti membuat garis putih dan menggores bagian kaca mobil Anda.

     

    merawat kaca mobil

    Disarankan untuk Anda mengganti karet wiper dalam enam bulan sekali. Namun, apabila Anda sering menggunakan mobil setiap hari, terutama pada cuaca panas maka penggantian wiper kaca depan wajib lebih sering lagi.

    • Bersihkan Kaca dengan Berhati-hati

    Cara terakhir dalam merawat kaca depan kendaraan Anda adalah dengan membersihkannya secara berhati-hati. Anda dapat menggunakan cairan pembersih kaca dan lap halus berkualitas seperti bahan microfiber ketika merawat kaca depan.

    Selain itu, Anda juga disarankan untuk rutin membersihkan kaca, misal membersihkan kaca ketika pagi hari saat mobil hendak digunakan. Karena jika kotoran dibiarkan menumpuk, maka akan berdampak buruk bagi kondisi kaca depan.

    Kesimpulannya, merawat kaca depan mobil sama pentingnya dengan merawat komponen mobil lainnya. Perawatannya wajib rutin dan menggunakan alat-alat terbaik agar fungsinya tetap optimal.