Berita

    Simak Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya

    Karburator adalah komponen pada mobil dulu yang memiliki fungsi penting dalam pencampuran bensin dan udara pada proses pembakaran. Komponen karburator sendiri cukup banyak, meski saat ini kebanyakan mobil sudah jarang menggunakan karburator karena sudah diganti dengan sistem injeksi.

    Anda perlu mengetahui setiap komponen dari karburator serta fungsi pentingya bagi mobil. Untuk itu simak penjelasan berikut.

    Komponen-komponen Karburator Mobil

    Apabila komponen dari karburator tidak bekerja dengan baik, maka bisa menyebabkan mobil menjadi lebih boros bahan bakar sampai cepat panas. Berikut komponen karburator dan fungsinya yang perlu diketahui agar tidak salah perawatan.

    • Float Chamber

    Float chamber atau yang memiliki nama lain ruang bakar mesin merupakan wadah atau ruangan khusus untuk pembakaran bahan bakar. Berfungsi sebagai wadah, disinilah terjadinya proses percampuran antara bahan bakar dengan oksigen. Komponen ini bisa tidak bekerja dengan baik apabila banjir atau terendam air.

    • Throttle Valve

    Throttle valve atau yang juga dikenal sebagai piston valve adalah komponen mobil yang berfungsi untuk mengatur besaran udara yang tepat dalam float chamber

    Komponen karburator mobil ini bekerja sama dengan main jet dan perlu dirawat dengan baik agar proses pembakaran mesin berjalan lancar.

    • Venturi

    Venturi adalah suatu ruang kecil di sekitar jalan naiknya udara yang berfungsi untuk mempercepat kecepatan udara yang melewati venturi sehingga bensin pada main jet terhisap menuju ruang bakar.

    • Choke Valve

    Choke valve termasuk komponen yang sangat penting agar mobil bisa menyala. Fungsinya yaitu untuk menambah atau meningkatkan campuran bahan bakar mobil sehingga mobil Anda bisa lebih mudah dihidupkan. 

    Kerusakan pada komponen ini bisa sebabkan mobil sulit untuk dinyalakan sehingga harus rutin di-service.

    • Main Jet

    Main jet atau juga bisa disebut dengan nozzle adalah komponen pada karburator yang berfungsi menyalurkan bensin dalam volume yang tepat untuk dicampurkan bersama dengan udara bersih.

    Komponen karburator ini menjadi saluran penghubung antara ruang pelampung serta venturi. Adapun ukuran pemilihan main jet harus disesuaikan dengan ukuran kapasitas mesin sehingga jumlah pencampuran bahan bakar dan udara stabil.

    • Inlet Hose