Berita

    Suku Cadang Ini Harus Diganti secara Berkala

    Agar mobil dapat terus berfungsi dengan baik, salah satu hal yang penting untuk dilakukan, yaitu rutin melakukan penggantian suku cadangnya. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memahami suku cadang yang harus diganti berkala.

    Dengan rutin mengganti suku cadang pada mobil, niscaya Anda akan selalu merasakan kenyamanan selama berkendara. Kenali jenis-jenis suku cadang mobil yang harus diganti secara berkala pada pembahasan berikut!

    6 Suku Cadang yang Harus Diganti Berkala

    Memiliki peranan yang penting, suku cadang atau yang juga biasa disebut dengan spare part harus betul-betul diperhatikan kondisinya agar fungsi mobil bisa tetap maksimal.

    Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu menggunakan suku cadang resmi atau original dan menggantinya secara berkala. Adapun, berikut ini akan diberikan poin-poin yang menjelaskan tentang macam-macam suku cadang yang harus diganti berkala pada mobil:

    • Aki

    Aki menjadi salah satu suku cadang mobil yang tentunya harus diganti secara rutin. Fungsinya yang berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil sangat penting yang membuatnya perlu diperhatikan dan harus segera diganti apabila terjadi kerusakan.

    Meski umumnya aki dapat bertahan hingga 5 tahun, namun Anda perlu tetap memeriksa komponen tersebut secara berkala. 

    Anda bisa mulai waspada ketika aki mulai menunjukkan tanda-tanda melemah seperti misalnya suara klakson yang tidak lagi senyaring biasanya.

    • Kampas Rem

    Tidak hanya aki, suku cadang yang juga harus diganti rutin, yaitu kampas rem. Pasalnya apabila fungsi sistem pengereman tidak optimal, hal ini dapat berisiko membahayakan.

    Kampas rem yang menipis merupakan sesuatu yang wajar terlebih apabila mobil sering digunakan. Namun ketika hal tersebut terjadi, kampas rem yang menipis perlu segera diganti demi keselamatan berkendara.

    Beberapa pertanda yang menunjukkan kampas rem sudah perlu diganti antara lain, yaitu terdengarnya suara decitan hingga pedal rem yang bergetar saat mengerem.

    • Filter Udara dan Filter AC

    Suku cadang yang harus diganti berkala selanjutnya, ialah filter udara dan juga filter AC. Kedua suku cadang tersebut harus selalu dalam kondisi optimal agar udara yang masuk ke mesin dan sistem pendingin mobil dapat tersaring dengan baik.

    Untuk itu, apabila Anda mulai merasakan kinerja dua komponen tersebut memburuk, Anda perlu segera memeriksanya dan mengunjungi bengkel untuk dilakukan penggantian.

    • Filter Oli

    Dengan fungsinya yang untuk menyaring kotoran dari oli, tentunya suku cadang satu ini harus diganti secara rutin demi mencegah kerusakan pada mesin.

    Umumnya, suku cadang filter oli ini sudah perlu diganti apabila mobil kesayangan Anda sudah menempuh jarak di angka 10.000 hingga 20.000 kilometer. 

    Masing-masing mobil memiliki jangkauan yang berbeda tergantung pada jenis oli dan tentunya sistem pelumasan pada mobil.

    • Lampu

    Berikutnya, ada lampu yang juga tergolong sebagai suku cadang yang harus diganti secara berkala. Pada mobil, ada beberapa jenis lampu yang masing-masing memiliki fungsi penting.

    lampu mobil

    Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan menjaga keselamatan Anda dan keluarga selama berkendara, periksalah komponen-komponen lampu dan segera ganti apabila penerangannya sudah meredup.

    • Ban

    Ban merupakan suku cadang yang sudah harus diganti apabila kondisinya mulai aus atau menipis. Menjadi komponen yang bersentuhan secara langsung dengan medan jalan, penting untuk selalu memperhatikan kondisi ban pada mobil kesayangan Anda.

    Normalnya, ban bisa diganti dalam kurun 5 tahun sekali. Namun hal ini akan bergantung pada beberapa aspek yang biasanya mempengaruhi penggantian ban, seperti misalnya faktor ketebalan ban dan jarak tempuh dari mobil.

    Itulah beberapa poin yang membahas tentang jenis-jenis suku cadang yang harus diganti berkala. Apabila Anda ingin melakukan penggantian suku cadang di bengkel terpercaya, Anda bisa mencoba membawa mobil Anda ke bengkel Suzuki terdekat.