Berita

    Wajib Tahu! Tanda-Tanda Rem Mobil Anda Perlu Diservis

    Rem mobil merupakan salah satu komponen penting yang sangat vital bagi keamanan dan keselamatan berkendara. Karena berfungsi untuk mengurangi kecepatan hingga menghentikan mobil, maka kondisi rem perlu selalu diperhatikan.

    Apabila rem tidak bisa berfungsi dengan baik, berbagai risiko keselamatan mungkin saja terjadi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda rem tidak normal dan butuh diservis.

    Tanda Rem Mobil Perlu Diservis

    Ketika sedang berkendara, Anda mungkin dapat merasakan jika terjadi masalah pada salah satu komponen mobil, terlebih yang memiliki fungsi vital seperti rem.

    Ada berbagai hal yang dapat menandakan bahwa rem sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, sehingga butuh diservis. Pastikan Anda memperhatikan tanda-tanda di bawah ini demi tetap menjaga keselamatan bersama!

    • Terdengar Suara Decitan atau Gesekan

    Tanda pertama ini dapat terdengar ketika Anda sedang menginjak bagian pedal rem. Jika muncul suara berdecit, biasanya mirip dengan suara gesekan logam atau besi, maka sebaiknya perlu diwaspadai.

    Ini merupakan salah satu pertanda bahwa kampas rem sudah mulai habis dan perlu diganti dengan yang baru.

    Menipis atau habisnya kampas rem, dapat berdampak terhadap banyaknya gesekan besi ketika Anda menginjak pedal rem. Jika hal ini terus dibiarkan, maka bisa saja akan muncul berbagai tanda kerusakan lainnya.

    Maka dari itu, jangan sampai kondisinya semakin parah, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk mengganti kampas serta mengecek kondisi keseluruhan dari rem pada mobil.

    iStock
    • Ketika Pedal Diinjak, Muncul Getaran

    Tanda berikutnya yang perlu Anda waspadai yaitu jika Anda merasa pedal rem bergetar saat diinjak. Sama seperti suara decitan yang sudah dibahas sebelumnya, ini juga merupakan salah satu pertanda bahwa kampas rem mulai habis atau menipis.

    Permukaan komponen rem dapat menjadi kurang rata apabila kampas tersebut telah menipis, sehingga biasanya akan muncul getaran jika pedalnya diinjak.

    Apabila diabaikan terlalu lama, hal ini bisa mengganggu kinerja dari sistem kemudi dan berbahaya bagi keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya.

    • Rem Terasa Tidak Pakem

    Tanda selanjutnya yaitu rem yang mulai terasa tidak pakem atau tidak seperti normalnya. Ini merupakan tanda yang cukup umum dan dapat terasa secara nyata bagi pengemudi.