Berita

    Tips Menghindari Karat pada Bodi Mobil

    Munculnya karat pada mobil dapat merusak estetika dan mengganggu performanya. Jika tidak segera diatasi, maka karat akan menyebar ke beberapa bagian lainnya. Karat muncul akibat adanya logam yang terpapar udara atau kelembaban. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya oksidasi atau korosi pada mobil.

    Jika kondisi ini dibiarkan, karat akan membuat bodi mobil terkikir dan rusak. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara menghindari munculnya karat di mobil Anda.

    Cara Menghindari Karat pada Mobil

    Adapun beberapa cara untuk menghindari karat pada bodi mobil Anda, yaitu:

    • Cuci Mobil secara Berkala

    Siapa bilang mencuci mobil bukanlah suatu hal yang penting? Bahkan mencuci mobil sangat berguna sebagai Upaya pencegahan munculnya karat.

    Agar lebih maksimal dalam mencuci mobil, sebaiknya Anda melakukannya pagi atau siang hari. Karena ketika malam, aka nada beberapa bagian yang tidak terlihat dan khawatir tidak terbilas dengan baik.

    Mencuci mobil juga harus dilakukan secara berkala, agar tidak ada kotoran yang tersisa dan mengendap pada beberapa bagian bodi mobil.

    • Berikan Pelumas pada Beberapa Bagian Mobil

    Cara menghindari karat pada mobil berikutnya ialah dengan rajin memberinya pelumas. Terutama pada bagian-bagian inti, seperti engsel mobil ataupun beberapa bagian tersembunyi lainnya.

    Dengan mengoleskan pelumas secara rutin, maka bagian-bagian tersebut tidak akan mudah berkarat. Hal ini karena tidak akan ada bagian yang terlewatkan.

    • Rust Remover

    Selain pelumas, Anda juga bisa menggunakan rust remover. Benda ini merupakan cairan khusus yang diracik untuk menghilangkan kawat pada bodi mobil. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda dapat membacanya pada kemasan rust remover.

    • Cat Ulang atau Amplas

    Mengamplas atau mengecat juga bisa menjadi salah satu cara menghindari karat pada bodi mobil. Jika akan mengamplas sendiri, Anda bisa menggunakan amplas manual ataupun grinder dan sander untuk permukaan yang luas.

    Sedangkan untuk mengecat, Anda juga dapat mengecat secara mandiri di rumah. Namun untuk hasil yang lebih rapi, sebaiknya Anda membawanya ke bengkel terdekat.

    • Jangan Tunda Perbaikan Bodi Mobil

    Jika Anda menemukan goresan pada bodi mobil, maka segeralah lakukan perbaikan. Hal ini karena goresan yang dibiarkan akan menjadi pintu masuk air dan penyebab terjadinya karatan.