Berita

    Tips Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

    Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur pada mobil yang harus digunakan demi tercapainya keselamatan saat berkendara. Oleh karena sabuk pengaman merupakan perangkat yang penting, maka sangat dianjurkan untuk selalu cek sabuk pengaman Anda.

    • Tips cek sabuk pengaman

    Langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek kondisi sabuk pengaman, yaitu: dengan memperhatikan kondisi sabuk pengaman dari fisiknya; melakukan pengecekan kondisi sabuk pengaman dengan cara menarik sabuk pengaman dengan gerakan cepat; serta melakukan pengecekan menggunakan scanner obd.

            1. Cek fisik sabuk pengaman

    Yang paling mudah untuk melihat bagaimana kondisi dari sebuah sabuk pengaman adalah dilihat dari kondisi fisiknya. Periksa apakah baik pada tali atau kepala sabuk pengaman masih berfungsi dengan baik. usahakan jangan sampai tali sabuk pengaman terlilit.

            2. Uji sabuk pengaman

    Setiap sabuk pengaman berfungsi untuk menjaga pengemudi atau penumpang tetap berada di kursi pada kendaraan ketika terjadi sebuah insiden kecelakaan. Sehingga uji coba yang dapat dilakukan untuk menilai kondisi sabuk pengaman adalah dengan menarik tali sabuk dengan gerakan cepat seakan-akan sedang terjadi kecelakaan. 

    Apabila hasil dari uji coba ini, sabuk pengaman tidak dapat menahan diri anda, maka dapat dikatakan sabuk pengaman tersebut telah rusak. Sebaliknya ketika sabuk pengaman tersebut menahan diri anda pada tempatnya maka sabuk tersebut masih layak digunakan.

    Uji coba ini juga dapat mengetahui apakah mobil yang dikendarai pernah mengalami sebuah kecelakaan, ketika mobil pernah mengalami kecelakaan, maka begitu dilakukan tes dengan menarik sabuk pengaman secara cepat, sabuk pengaman tetap dapat tertarik namun tidak memiliki kemampuan untuk kembali ke posisi sebelumnya atau dapat dikatakan elastisitasnya telah hilang.

            3. Scanner obd

    Melakukan cek sabuk pengaman juga dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan scanner obd. Scanner obd adalah sebuah sensor pada mobil yang berguna untuk memindai kondisi mobil dan memberitahukan informasi tentang malfungsi yang terjadi pada sebuah mobil.

    Sensor ini dapat digunakan untuk memeriksa kondisi sabuk pengaman. Nantinya sistem komputer akan memberitahukan apakah sabuk pengaman pada mobil anda masih layak digunakan atau tidak.