Berita

    6 Tips Menghilangkan Embun Kaca Pada Mobil

    Embun pada kaca mobil kerap mengganggu penglihatan dan juga dapat mengurangi jarak pandang. Itulah alasannya kenapa kaca mobil berembun ini sangat berbahaya jika dibiarkan.

    Pada dasarnya tidak sulit untuk mengatasi kaca mobil yang berembun. Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan tips mengatasinya untuk Anda.

    Tips Menghilangkan Embun Kaca Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa coba Anda lakukan untuk mengatasi kaca mobil berembun. Berikut sudah kami rangkum semua tipsnya di bawah ini:

    1.  Menyalakan AC Mobil

    Cara yang paling mudah untuk menghilangkan embun pada kaca mobil yang pertama yaitu dengan hanya menyalakan AC saja. Jika embun mulai muncul pada kaca mobil, segera menyalakan AC mobil sebelum menyebar ke seluruh permukaan.

    Embun pada kaca mobil terjadi karena suhu yang berada di luar lebih tinggi dibandingkan di dalam mobil. Maka dari itu Anda harus menyesuaikan suhu di luar dan juga di dalam kabin mobil dengan cara menghidupkan AC. 

    2.  Memaksimalkan Fitur Defogger pada Mobil

    Khusus mobil yang sudah dilengkapi dengan defogger, Anda bisa memaksimalkan fitur tersebut untuk menghilangkan embun pada kaca. Pasalnya fitur ini bisa menghilangkan embun pada kaca bagian belakang mobil Anda.

    Defogger merupakan komponen yang berbentuk garis-garis kawat yang tipis. Kawat tersebut merupakan sebuah kondensator panas yang bisa menghilangkan embun pada kaca mobil. Silahkan aktifkan fitur ini untuk mengatasi kaca mobil berembun.

    3.  Menggunakan Sampo Rambut

    Meski terdengar unik, namun ternyata shampo rambut terbilang ampuh untuk menghilangkan embun pada kaca. Bahkan kandungan pada sampo rambut juga bisa mencegah munculnya embun pada kaca.

    Cara menggunakannya pun mudah. Anda tinggal mengoleskan sampo rambut yang sudah dicampur dengan air pada kaca mobil. Gunakan lap untuk mengaplikasikannya. Pilih lap dari kain sintetis agar prosesnya optimal.

    4.  Mengoleskan Tembakau Pada Kaca Mobil

    Jika sedang tidak membawa sampo rambut, Anda bisa mencegah munculnya embun dengan menggunakan tembakau. Anda bisa memanfaatkan tembakau dari rokok untuk menghilangkan embun tersebut.

    Pastikan Anda mengoleskannya secara lembut dan hati-hati. Selain itu, pastikan juga tembakau yang Anda gunakan tidak mengandung cengkeh, atau singkirkan cengkehnya terlebih dahulu.