Berita

    Jangan Asal Mencuci Mobil, Simak Tipsnya Berikut Ini!!

    Sebagai pemilik kendaraan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Salah satunya dengan rutin mencuci mobil. Tentu dengan perlakuan yang baik dan benar ya. 

    Namun, bagaimana ya cara membersihkan mobil yang tepat di rumah? Simak artikel ini sampai akhir yuk!

    Manfaat dan Cara Mencuci Mobil

    Sebelum mencari tahu cara untuk membersihkan mobil, ketahui dulu manfaatnya berikut ini:

            1. Menghilangkan Jamur dan Bakteri

    Mobil bisa jadi sarang jamur dan bakteri apabila tidak dibersihkan. Apalagi jamur, biasanya akan bersarang lama menempel pada sisi sempit mobil. Sehingga bau tidak sedap pun akan tercium.

            2. Terhindar dari Berbagai Penyakit

    Salah satu cara untuk mencegah adanya berbagai penyakit adalah senantiasa menjaga kebersihan. Agar bakteri, jamur dan virus tidak menyerang tubuh dan menyebabkan sakit.

            3. Keindahan dan Kenyamanan

    Apabila mobil bersih, maka terlihat enak dipandang. Selain itu, Anda juga akan nyaman menggunakannya, dan membawanya ke berbagai acara. 

    Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

    Membersihkan mobil tidak boleh sembarangan. Alih-alih bersih, malah nanti bisa terlihat kusam. Maka dari itu, perhatikan tips cuci mobil berikut ini yuk!

            1. Cuci dengan Sabun Khusus

    Sebaiknya gunakan sabun khusus untuk mobil. Hindari menggunakan sabun, shampo atau cairan lain yang bukan untuk mobil ya. 

    Supaya body dan cat mobil bisa bertahan alias tidak rusak. Sebab, apabila menggunakan sabun lain, maka bisa jadi ada kandungan zat yang membuat cat mobil malah kusam.

            2. Gunakan Spons dan Lap yang Lembut

    Body mobil gampang tergores jika tidak diperhatikan betul dalam merawatnya. Untuk itu, lebih baik pilih spons dan lap yang lembut untuk membantu cuci kendaraan. 

    Spons ini digunakan saat memberi sabun pada body mobil. Sementara lap digunakan untuk mengeringkan mobil yang telah dicuci. 

    Gerakkan dua alat ini dari atas ke bawah, bukan memutar. Supaya kotoran tidak berputar-putar di body mobil.

            3. Cuci di Tempat Teduh

    Tips yang ketiga adalah dengan mencuci di tempat teduh, yang tidak terkena sinar matahari langsung. Mengapa? Supaya sinar matahari tidak membuat jamur tumbuh di body mobil.