Berita

    Mengenal Cara Kerja Solenoid Valve Pada Mobil Anda

    Solenoid valve memiliki peran penting dalam membuat transmisi mobil khususnya mobil matic menjadi mudah dan praktis untuk digunakan.

    Adanya shift interlock pada komponen memungkinkan pemindahan transmisi mobil tanpa perlu menginjak rem. Pemindahan gigi akan terjadi ketika mengaktifkan transmisi solenoid. 

    Jenis Solenoid Valve

    Solenoid ini tersedia dalam berbagai jenis. Meskipun begitu, tugas utama komponen ini adalah mengontrol aliran cairan dan gas secara elektronik. Berikut beberapa jenis solenoid yang dapat Anda temukan pada sebuah mobil ini.

            1. Katup Pembersih EVAP 

    Solenoid jenis ini berfungsi untuk mengontrol jumlah vakum yang dibawa dari intake manifold menuju tangki bahan bakar.

            2. Fuel Injectors

    Solenoid jenis ini memungkinkan bahan bakar memasuki mesin sehingga proses pembakaran menghasilkan tenaga untuk mobil.

            3. Solenoid Lainnya

    Komponen lain mobil juga menggunakan solenoid seperti motor starter.

    Fungsi Solenoid Valve

    Fungsi utama solenoid ini adalah sebagai pemindah gigi otomatis yang memudahkan Anda mengendalikan mobil. Komponen ini juga memiliki fungsi lainnya seperti:

    • Pengatur tekanan oli pada katup body tempatnya terpasang. Oli akan merendam modul body dan satu modul body umumnya terdiri dari beberapa solenoid. 
    • Aliran listrik dari kabel pada katup akan menjadi penggerak utama solenoid. Clutch dan brake akan diaktifkan sebagai pengatur aliran tekanan oli atas perintah dari TCM (Transmission Control Module). 
    • Menghentikan penyerapan bahan bakar menuju idle port sehingga tidak akan menimbulkan dieseling pada saat mesin kendaraan hidup.

    Cara Kerja Solenoid Valve

    Solenoid bekerja dengan memanfaatkan prinsip elektromagnetik. Bagian yang mendapat tegangan berubah menjadi medan magnet yang membuka atau menutup piston atau plunger.

    Saat mobil dihidupkan (kunci kontak posisi ON), mesin akan menganalisis data dari sensor speed engine dan vehicle. Sensor ini lalu mengirimkan sinyal ke solenoid yang membuat oli pada solenoid bergerak menuju valve (katup) body untuk menggerakkan gigi.

    Transmisi akan diikuti dengan pergerakan rem mobil. Saat menginjak rem, komponen akan menangkap sinyal dan akan melepaskan kunci mekanis di transmisi yang akan memindahkan gigi.