Berita

    Kenali Ciri Oli Mobil Perlu Diganti

    Beberapa orang cenderung hanya fokus ke mesin saat melakukan perawatan mobil. Padahal sangat penting juga untuk cek oli, terlebih ciri kapan oli mobil diganti.

    Oli mesin adalah pelumas yang berfungsi untuk bagian transmisi pada mobil. Saat kompnen bergesekan satu sama lain, maka akan meminimalisir kemungkinan cepat rusak karena terlindungi oleh oli mesin.

    Tanda Oli Mobil Diganti dari Warnanya

    Warna oli menjadi salah satu indikator yang paling jelas yang menandakan bahwa oli mobil diganti. Ganti oli secara rutin sangat penting untuk bisa menjaga mobil dalam keadaan yang selalu oke.

    Sangat penting untuk mengetahui kapan saatnya oli harus diganti. Sering muncul pertanyaan: bila warna oli sudah pekat, apakah itu tanda bahwa harus ganti oli? Sebenarnya penggantian oli tidak hanya tergantung dari perubahan warna.

    Cek terlebih dahulu berapa jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan. Terkadang oli masih dalam kondisi warna yang tidak pekat, namun ternyata sudah digunakan melebihi batas kilometer tertentu, maka oli ini harus diganti.

    Apa penyebab warna oli menjadi pekat? Warna berasal dari partikel yang mengikat sehingga tidak timbul endapan. Ini biasanya bisa Anda temukan pada oli yang mengandung deterjen.

    Jadi saat oli sudah berwarna pekat namun belum mencapai batas kilometer, maka tetap masih bisa digunakan.

    Ciri Oli Mobil Diganti

    Setelah mengetahui tanda dan fakta oli perlu diganti jika sudah berubah warna, kini saatnya untuk mengetahui tanda lain kapan oli mobil harus diganti:

    • Lampu Indikator Oli Menyala

    Ini adalah cara paling mudah untuk dapat mengecek apakah ini sudah saatnya oli harus diganti. Saat Anda menyalakan mobil dan melihat lampu oli menyala, maka perlu Anda perhatikan lebih lanjut.

    Seperti apa lampu indikator oli? cari indikator yang memiliki bentuk corong tetesan warna kuning. Perlu Anda perhatikan, saat lampu ini menyala maka tandanya ada masalah di sistem oli mobil, entah karena oli habis atau sudah saatnya untuk diganti.

    Selain warna oli yang berubah, penting untuk segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan.

    • Penurunan Akselerasi Mobil

    Oli memiliki fungsi utama untuk melumasi bagian mobil. Proses ini bisa menghasilkan tenaga dari pembakaran untuk menggerakkan mesin. 

    Hal ini akan berakibat buruk bila oli sudah dalam kondisi buruk. Nantinya akan terjadi pergesekan antar mesin dan tentunya kinerja mesin akan menjadi berat.