Berita

    Ketahui Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil yang Benar

    Dinamo starter mobil memiliki fungsi penting untuk menyalakan mesin. Dan juga berperan menjadi penggerak roda sewaktu pertama kali mesin dinyalakan.

    Komponen ini rentan mengalami kerusakan, terutama setelah waktu penggunaan kendaraan yang sudah cukup lama. Oleh karena itu, Anda harus mengecek kondisi dinamo starter pada mobil Anda secara berkala. 

    Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil

    Anda bisa mencari tahu lebih dulu apakah dinamo starter mobil berfungsi dengan baik atau tidak. Sebelum membawa kendaraan ke bengkel. Berikut cara mengecek dinamo starter mobil:

    • Memeriksa Soket Otomatis

    Jika mesin mobil tidak menyala, tetapi lampu indikator pada dashboard berkedip. Cobalah cek soket otomatis mobil. Apakah kabel yang menyambungkan soket dengan dinamo starter terputus atau tidak.

    • Mengecek Klem Aki

    Terkadang, dinamo starter rusak ada hubungannya dengan komponen lain dalam mesin mobil. Salah satunya adalah aki mobil. Cek apakah baut klem aki longgar atau tidak. 

    Karena hal itu akan menyebabkan arus listrik dari aki menuju dinamo starter jadi terhambat. Cobalah buka kap mobil dan cek kondisi aki. Jika ternyata klem aki memang longgar, Anda tinggal mengencangkannya. 

    • Memperhatikan Putaran Mesin 

    Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan putaran mesin mobil, yaitu dengan cara men-starter mobil. Jika mesin tidak mau menyala bisa jadi ada masalah pada starter dinamo. Sebab kerusakan pada dinamo menyebabkan putaran mesin tidak bisa berfungsi.

    Penyebab Dinamo Starter Rusak

    Apa yang menyebabkan dinamo starter rusak? Bisa karena beberapa faktor. Kenali tiga penyebab umum yang sering membuat dinamo jadi bermasalah.

    • Aki Mobil Bermasalah

    Pertama bisa karena ada masalah pada aki mobil. Aki merupakan komponen yang berperan penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Jika aki mengalami gangguan atau masalah, tentu akan berpengaruh ke komponen kelistrikan yang lain.

    Salah satunya adalah dinamo. Aki yang bermasalah bisa menyebabkan starter tidak mau menyala karena suplai aliran listrik yang kurang dari aki. 

    • Dinamo Dipaksa Bekerja

    Dinamo bisa rusak jika pengendara terlalu memaksakan diri saat mobil tidak mau menyala. Membuat dinamo bekerja melebihi kapasitas dan akhirnya jadi rusak atau soak.