Berita

    Mengenal Lebih Dalam Tentang Nozzle & Fungsinya

    Siapa yang pernah mendengar nozzle atau nosel? Nozzle adalah sebuah perangkat yang dibuat untuk membantu manusia mengontrol adanya aliran fluida berupa cairan ataupun gas yang keluar dari ruang tertutup. 

    Alat ini umumnya berbentuk pipa dan tabung dengan ukuran dan penggunaan yang beragam. Walaupun namanya jarang diketahui orang-orang namun alat ini sering digunakan di banyak sektor kerja dari pertanian hingga industri untuk membantu kegiatan kerja manusia. 

    Nozzle akan mengatur kenaikan kecepatan pada fluida, dimana saat dinaikkan tekanan fluida ini akan menurun pada saluran tersebut. Sehingga saat fluida keluar tekanan menurun namun kecepatan bisa lebih cepat. 

    Fungsi Nozzle 

    Ada beberapa fungsi nozzle yang bisa telah banyak diketahui. Berikut merupakan beberapa fungsi-fungsi tersebut:

    1. Mengubah energi panas dan tekanan menjadi energi kinetik.
    2. Beberapa mesin yang menggunakan nozzle dapat menghasilkan energi dengan menghasilkan energi kinetik yang mengalir, seperti mesin turbin uap dan air.
    3. Mengatur aliran, tekanan dan arah dari fluida dalam bentuk cair, angin/uap, maupun gas.
    4. Mengarahkan pancaran fluida atau disebut dengan sudut nozzle. 

    Nozzle Berdasar dari Jenis Fluida

    Fluida yang dimaksud pada nozzle ini tidak hanya berupa cair tapi juga berupa angin dan gas. Untuk itu ada beberapa jenis nozzle yang berbeda untuk tiap jenis fluidanya. Seperti pada pembahasan berikut:

            1. Nozzle untuk Cairan

    Nozzle satu ini digunakan untuk benda-benda cair. Nozzle jenis ini banyak menggunakan selang dan spray sebagai medianya. 

    Nozzle cair ini semprotannya yang berupa semprotan halus dengan tekanan tinggi akan dikeluarkan melalui saluran keluarnya, seperti pada spray pencucian motor. 

    Biasanya digunakan untuk kegiatan industri, selang pada pemadam kebakaran serta pengecatan.

            2. Nozzle untuk Angin

    Pernahkah Anda melihat mesin kompresor? Jika iya, maka Anda telah melihat salah satu contoh nozzle untuk angin atau uap.

    Nozzle ini digunakan untuk menghasilkan tekanan angin yang keluar menjadi lebih tinggi. Nozzle jenis ini biasanya digunakan di sektor industri juga servis seperti bengkel dan cuci motor atau mobil. 

            3. Nozzle untuk Gas