Berita

    Simak Ciri Kampas Rem Mobil Bermasalah

    Rem merupakan salah satu komponen pada mobil yang harus diperhatikan secara khusus terkait keefektifan fungsinya. Hal ini disebabkan karena rem merupakan komponen yang dapat menjaga keselamatan Anda selama berkendara.

    Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu memeriksa kondisi rem secara rutin. Salah satu bagian dari rem yang penting untuk dicek kondisinya secara berkala yaitu kampas remnya. Ketika kampas rem mobil bermasalah, hal ini dapat menyebabkan rem tidak dapat berfungsi dengan optimal.

    Saat hal tersebut terjadi, Anda perlu buru-buru untuk mengganti komponen kampas rem dengan yang baru sebelum kondisinya semakin buruk yang bisa saja membahayakan keselamatan. Anda dapat mengetahui kampas rem pada mobil bermasalah dengan mengenali ciri-cirinya.

    Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai apa saja ciri-ciri yang menandakan salah satu komponen dari sistem pengereman pada mobil bermasalah. Yuk, simak pembahasan berikut!

    Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Bermasalah

    Kampas rem merupakan komponen yang berbentuk bantalan dengan fungsinya untuk mengatur kecepatan pada mobil, mulai dari mengurangi hingga memberhentikan mobil secara total. Sebagai sebuah komponen dengan fungsinya yang begitu penting, kampas rem pada mobil tentunya bisa bermasalah juga.

    Kampas rem yang bermasalah ini biasanya disebabkan oleh intensitas penggunaan mobil yang sudah terlalu lama atau bisa juga disebabkan oleh mobil yang terlalu sering digunakan pada medan berat. 

    Medan berat yang dimaksud disini yaitu dapat berupa jalanan rusak atau kondisinya yang ekstrem. Akibat terlalu sering dipakai, maka kampas rem akan menipis. Berikut ini terdapat beberapa ciri yang menandakan kampas rem mobil bermasalah.

    • Kurang Pakemnya Rem

    Ciri yang akan langsung membuat Anda tersadar bahwa kampas rem pada mobil bermasalah, yaitu rem yang menjadi kurang pakem. Kurang pakemnya rem ini disebabkan oleh kondisi kampas rem yang sudah mulai menipis bahkan mungkin sudah habis.

    Ketika rem sudah tidak pakem, maka sekeras apapun Anda menginjak pedal rem, pengereman yang dihasilkan akan tidak sesuai. Anda perlu dengan segera untuk mengunjungi bengkel ketika hal ini sudah terjadi.

    • Kedalaman dari Rem

    Ketika kampas bermasalah dan mulai menipis, ciri yang biasa menandakannya yaitu Anda diharuskan untuk menginjak atau menekan rem lebih dalam agar rem bisa difungsikan dengan maksimal.

    • Terdengar Bunyi Saat Mengerem