Simak Fungsi Rem Cakram Pada Mobil & Cara Kerjanya!
Apakah Anda tahu betapa pentingnya rem cakram atau disk brake dalam mobil Anda? Bagian ini adalah salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem pengereman mobil modern.
Untuk menjaga sistem pengereman mobil Anda dengan baik, penting untuk mengenal fungsi rem ini pada mobil, cara kerjanya, dan komponennya.
Fungsi Rem Cakram Pada Mobil
Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi disk brake pada mobil:
- Memperlambat atau Menghentikan Roda Mobil Anda
Fungsi utama rem ini pada mobil adalah untuk memperlambat atau menghentikan roda mobil saat pedal rem diinjak.
Rem bekerja dengan cara menekan bantalan rem pada rotor cakram untuk menghasilkan gesekan yang dapat memperlambat atau menghentikan roda mobil.
- Lebih Efektif dalam Menghentikan Mobil
Disk brake lebih efektif dalam memperlambat atau menghentikan mobil dibandingkan dengan rem tromol.
Hal ini karena rotor cakram memiliki lebih banyak permukaan yang dapat dihentikan, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih kuat dan lebih efektif dalam menghentikan mobil.
- Performa yang Lebih Baik Dibanding Rem Tromol Pada Kondisi Basah
Komponen ini memiliki performa yang lebih baik pada kondisi basah karena rotor cakram tidak terlalu mudah terkikis oleh air.
Dalam kondisi basah, rem tromol cenderung memiliki performa yang lebih buruk karena permukaannya dapat terkikis oleh air.
- Lebih Cepat Dingin
Rem ini memiliki kemampuan untuk mendinginkan diri lebih cepat dibandingkan dengan rem tromol. Hal ini karena rotor cakram memiliki permukaan yang lebih luas dan ventilasi udara yang lebih baik, sehingga dapat menyerap panas dengan lebih efektif.
Cara Kerja Rem Cakram
Cara kerja rem sangat sederhana. Ketika pedal rem diinjak, tekanan di dalam sistem pengereman mobil akan meningkat. Tekanan ini kemudian akan dikirimkan ke kaliper rem.
Kaliper rem akan menekan bantalan rem pada rotor cakram, sehingga roda mobil akan memperlambat atau berhenti.
Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja rem ini, seperti keausan bantalan rem, kerusakan rotor cakram, dan kualitas minyak rem.
Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk memeriksa dan merawat sistem pengereman mobil secara teratur.
Komponen Rem
Dengan memahami komponen rem ini, Anda dapat memeriksa dan merawat sistem pengereman mobil dengan lebih baik. Berikut ini adalah komponennya:
- Kaliper Rem
Kaliper rem adalah salah satu komponen terpenting dalam rem ini. Kaliper rem berfungsi untuk menekan bantalan rem pada rotor cakram saat pedal rem diinjak. Kaliper rem terbuat dari bahan yang tahan lama, seperti aluminium atau logam paduan.
- Bantalan Rem
Bantalan rem adalah komponen yang menekan rotor cakram dan memperlambat atau menghentikan roda mobil. Bantalan rem terbuat dari bahan yang tahan lama, seperti keramik atau paduan logam.
Bantalan rem terdiri dari dua jenis, yaitu bantalan rem padat dan bantalan rem berlubang.
- Rotor Cakram
Rotor cakram adalah bagian yang dipasang pada roda dan menerima tekanan dari bantalan rem. Rotor cakram terbuat dari bahan yang tahan lama, seperti besi cor atau paduan logam.
Rotor cakram memiliki permukaan yang bergelombang untuk meningkatkan gesekan dengan bantalan rem.
- Minyak Rem
Minyak rem adalah cairan yang mengalir di dalam sistem pengereman mobil dan mengirimkan tekanan ke kaliper rem.
Minyak rem memiliki sifat yang tahan panas dan tahan aus. Minyak rem terbuat dari bahan sintetis atau mineral.
Demikianlah penjelasan mengenai fungsi, cara kerja, dan komponen rem cakram pada mobil. Dengan memahami tiga hal ini, Anda dapat memeriksa dan merawat sistem pengereman mobil dengan lebih baik dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.
Segera kunjungi website https://suzukisurakarta.co.id/ untuk mendapatkan informasi selengkapnya.