Berita

    Simak Fungsi Stabilizer Link

    Komponen pada mobil ada beragam dengan fungsi masing-masing. Stabilizer link misalnya yang memiliki fungsi penting untuk kenyamanan dan keamanan mobil.

    Apa saja yang fungsinya? Dan sepenting apa komponen yang satu ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

    Mengenal Stabilizer Link

    Seperti namanya, stabilizer berarti penyeimbang. Sehingga fungsi dari komponen ini adalah untuk menyeimbangkan mobil saat dikendarai. 

    Bentuk dari komponen ini seperti besi yang membentang di suspensi mobil, bagian kanan dan kiri. Besi ini berjenis logam dengan kekuatan yang baik. Sehingga tidak mudah rusak maupun berkarat.

    Sebenarnya sangat mungkin stabilizer ini mengalami kerusakan. Namun biasanya terjadi pada karet bushing yang berfungsi untuk menyangga stabilizer. Biasanya penyebabnya karena usia pakai saja.

    Namun untuk logam besinya, bisa dipastikan tahan lama. Kecuali jika mobil mengalami kecelakaan parah. Maka penyeimbang ini bisa saja rusak.

    Fungsi Link Stabilizer

    Selain sebagai penyeimbang, lebih lanjut ada beberapa fungsi stabilizer link yang harus Anda ketahui. Di antaranya:

            1. Menjaga Keseimbangan Kendaraan

    Mobil harus tetap seimbang dalam keadaan apapun. Baik jika berjalan pada kecepatan yang tinggi, jalan berlubang ataupun jalan berkelok. 

    Nah, saat inilah link stabilizer menunaikan tugasnya. Yakni menjaga mobil tetap stabil di segala kondisi.

            2. Dapat Mengurangi Efek Miring Pada Mobil

    Seringkali ketika berbelok, mobil terasa seperti limbung atau miring. Itu bisa terjadi apabila link stabilizer dalam keadaan off atau tak berfungsi.

    Namun jika sedang on, maka tidak ada efek miring yang dirasakan saat Mobil sedang berbelok. Pengendara pun bisa merasa nyaman dan tidak mabuk kendaran.

            3. Menjadi Peredam Guncangan Bersama Suspensi

    Guncangan kerap kali dirasakan penumpang saat mobil sedang melaju. Baik saat kecepatan rendah maupun tinggi. Salah satu fungsi dari stabilizer link adalah untuk membantu suspensi meredam guncangan ini. Jangan coba-coba menonaktifkannya jika tak mau mobil memiliki guncangan secara keras.

            4. Menjamin Kinerja Stabilizer Bar

    Mobil memiliki komponen suspensi yang terhubung dengan shock absorber. Ada kemungkinan, shock absorber ini akan mengikuti putaran sudut roda saat berbelok secara maksimal.