Berita

    Terungkap, Ini Dia Cara Pasang Alarm Mobil Yang Benar

    Makin canggihnya teknologi khususnya di bidang otomotif kian mempermudah pengamanan kendaraan. Salah satu caranya dengan menambah pengaman seperti alarm mobil.

    Saat ini mobil-mobil keluaran terbaru telah menggunakan fitur pengamanan ini untuk mencegah terjadinya pencurian.

    Pemasangan Alarm Mobil

    Bagi Anda yang belum memasang alarm pada mobil, sebaiknya segera mempertimbangkan untuk memasang sistem keamanan ini. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa alarm tak hanya bermanfaat untuk mendeteksi terjadinya usaha pencurian mobil.

    Fungsi lain seperti peringatan tanda bahaya dan pendeteksi keberadaan mobil akan mempermudah dan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda.

    Pemasangan alarm mobil bisa berhasil dilakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.  

            1. Memilih Central Lock dan Alarm yang Sesuai

    Pada saat Anda membeli central lock dan alarm maka akan mendapatkan satu paket yang terdiri dari empat komponen. Pertama adalah lock actuator atau pistol penggerak, kedua adalah satu set kabel yang dipasang pada semua pintu nantinya.

    Komponen ketiga adalah empat buah kawat penarik dan pendorong. Terakhir adalah satu komponen central lock yang memiliki 8 titik konektor. Penting untuk membeli central lock yang memiliki kecocokan dengan tipe mobil.  

    Saat Anda ingin membelinya sebaiknya jelaskan jenis mobil apa yang hendak dipasang alarm. Dengan begitu Anda akan mendapatkan tipe dan merk yang sesuai. Apabila salah membeli bisa berakibat fatal bagi pengendara.  

    Alarm mobil erat kaitannya dengan sistem kelistrikan yang membuatnya harus dipasang dengan hati-hati. Salah produk karena ketidakcocokan bisa menimbulkan korsleting yang tentu membahayakan pengendara mobil.  

            2. Memasang Central Lock & Alarm

    Sekarang waktunya pemasangan central lock dan alarm. Pertama, bor pintu sisi dalam yang akan menjadi tempat meletakkan lock actuator utama. Ingat, perhatikan pemasangan komponen ini karena terdapat lima buah kabel berbeda warna. Ada warna hitam, coklat, hijau, putih, dan biru. Kabel ini ditempatkan pada bagian pintu utama atau tempat pengendara berada.  Kemudian lock actuator lainnya yang hanya memiliki dua kabel berwarna hijau dan biru akan dipasang di sisi pintu lainnya. Jika sudah, pasang kabel bawaan central lock sesuai bagiannya pada modul lock actuator. Agar terlindungi dengan baik, modul central lock diletakkan di bawah dashboard.