Berita

    Featured Image

    Tips Efektif Mengatasi Karat pada Rem Mobil

    Fatal akibatnya jika Anda membiarkan rem mobil berkarat. Tanpa ada penanganan lebih lanjut, fungsinya akan semakin tidak optimal. Apalagi jika digunakan saat musim hujan, karena berpotensi memicu terjadinya kecelakaan. 

    Sebenarnya, cara mengatasi rem mobil yang terlihat berkarat cukup mudah. Bahkan, bisa dilakukan secara mandiri jika kondisinya tidak terlalu parah. Begini caranya!

    Cara Ampuh Atasi Rem Mobil Berkarat 

    Piringan rem cakram yang terdapat bercak atau noda karat bisa memengaruhi performa pengereman mobil. Ada beberapa cara yang ampuh untuk menghilangkan karat pada rem mobil, di antaranya adalah: 

    • Jalankan Mobil

    Salah satu penyebab timbulnya karat pada rem akibat mobil jarang digunakan. Jadi, untuk menghilangkan noda karat di cakram adalah dengan menjalankan mobil dalam jarak dekat. 

    Sebab, dengan memanaskan dan mengemudikannya minimal seminggu sekali bisa membuat karat yang melekat pada cakram menjadi terkikis. 

    • Melakukan Surface Treatment 

    Rem mobil berkarat juga bisa diatasi dengan surface treatment, salah satunya dengan cara pencucian mobil. Ini dikarenakan pada saat kendaraan tersebut dicuci, maka semua bagian permukaan mobil akan dibersihkan, termasuk komponen rem. 

    Cara ini bisa mengatasi bercak karat pada rem tingkat ringan dan sebagai upaya pencegahan. Untuk itu, sangat disarankan mencuci mobil minimal seminggu sekali, atau lakukan setiap kali mobil terkena air hujan. 

    • Membersihkan Piringan Rem

    Cara ketiga untuk mengatasi rem mobil yang berkarat adalah dengan membersihkan piringan rem. Anda bisa menggunakan amplas halus, sikat logam, atau kain lalu gosokkan dengan lembut ke permukaan piringan rem. 

    Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores atau merusak permukaan cakram yang bisa memengaruhi proses pengereman mobil.  

    • Menggunakan Cairan Anti Karat

    Untuk jenis karat yang cukup parah, Anda bisa menggunakan cairan anti karat yang alami seperti larutan cuka atau cairan berbahan kimia seperti WD-40. 

    Cara mengaplikasikannya pada rem mobil berkarat adalah dengan mengoleskan cairan tersebut ke permukaan piringan rem, lalu dibiarkan beberapa saat agar meresap. 

    Setelah itu, Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan amplas halus, kain bersih, atau sikat. Lakukan secara perlahan hingga karat terlepas kemudian bilas dengan air bersih lalu lap permukaan rem cakram hingga kering. 

    Sebaiknya, hindari menggunakan larutan penetrant yang licin saat membersihkan permukaan rem. 

    Sebab, larutan seperti ini akan membuat jepitan kampas rem ke bagian piringan cakram menjadi berkurang sehingga membuat kinerja rem menjadi tidak maksimal. 

    • Menggunakan Mesin Gerinda

    Cara menghilangkan karat pada piringan cakram dengan cepat adalah menggunakan mesin gerinda. 

    Hanya saja, Anda harus melakukannya secara hati-hati karena alat tersebut bisa merusak permukaan cakram. Jadi, sebaiknya serahkan pada mekanik jika memilih opsi ini. 

    • Perawatan Pencegah Karat 

    Setelah piringan rem telah bersih, Anda bisa melakukan serangkaian perawatan berkala sebagai upaya untuk mencegah munculnya karat di masa depan, antara lain: 

    • Usahakan agar mobil tidak terkena air secara berlebihan. 

    • Jika memungkinkan, hindari melewati area yang terdapat genangan air. 

    • Pastikan memarkir kendaraan di area parkir yang kering dan teduh serta tidak lembab. 

    • Melakukan perawatan rutin terutama pada sistem pengereman mobil, mulai dari inspeksi sampai dengan teknik pemeliharaan yang tepat. 

    • Menggunakan Pelapis Anti Karat 

    Selain rangkaian perawatan pencegah karat, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengaplikasikan pelapis anti karat pada piringan cakram mobil. 

    Pelapis ini dirancang khusus untuk mencegah kontak langsung antara piringan cakram dengan kelembaban dan berbagai zat yang berpotensi menimbulkan karat. 

    Untuk opsi yang terakhir ini, Anda bisa berkonsultasi dengan mekanik ahli atau spesialis rem guna mendapatkan rekomendasi pelapis anti karat yang sesuai dengan kondisi mobil.