Berita

    Ketahui Cara Cek Oli Kompresor AC Mobil & Biaya Gantinya

    Kompresor AC mobil menjadi salah satu komponen yang vital dalam sistem AC di kendaraan Anda. Tugasnya adalah untuk mengubah refrigerant menjadi gas dingin dengan tekanan udara. 

    Komponen ini mengambil peranan yang penting dalam proses sirkulasi udara dingin. Saat bertekanan tinggi, kompresor akan mendorong freon. Sementara dalam tekanan yang rendah, kompresor akan menghisap freon.

    Alat ini pun ternyata membutuhkan oli agar bisa bekerja dengan optimal. Di sini akan diulas cara cek olinya dan berapakah kisaran harganya?

    Cara Cek Oli untuk Kompresor AC Mobil

    Sebelum Anda melakukan pengecekan pada oli untuk kompresor AC, ada baiknya Anda memahami ciri-ciri apa saja yang menunjukkan bahwa sudah saatnya Anda ganti oli. Penting untuk dicatat, bahwa mengganti dan mengisi adalah dua kegiatan yang berbeda dan perlu dilakukan.

    Mengganti oli berarti membuang sisa-sisa oli lama dan menggantinya dengan yang baru. Sementara mengisi berarti Anda hanya perlu menambahkan beberapa cc oli tanpa menguras yang sudah ada.

    Mengetahui Ciri Kompresor Butuh Oli

    Berikut adalah ciri-ciri yang dapat Anda rasakan saat oli kompresor menuju habis.

    • AC mobil saat dinyalakan tidak terasa dingin dan tidak bertenaga.
    • Kompresor menjadi gampang panas karena terlalu banyak menciptakan gaya gesekan saat beroperasi, sebab kekurangan pelumas. Sehingga membuat proses kerjanya menjadi berat.
    • Timbul suara yang berisik karena gesekan antar komponen dan berpotensi membuat kompresor rusak.
    • Tenaga yang mobil hasilkan jadi rendah begitu AC mobil dinyalakan.

    Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil

    Apabila kondisi yang terjadi oli untuk kompresor masih bagus, hanya saja volumenya berkurang. Maka Anda hanya perlu melakukan pengisian oli saja. Caranya pun bervariasi, di antaranya sebagai berikut.

    • Melalui Lubang Inlet

    Anda bisa mengisikan oli melalui saluran dengan tekanan rendah. Untuk takarannya disesuaikan saja dengan ukuran dan kapasitas kompresor. Jika ukuran kompresornya kecil, maka hanya akan membutuhkan 150 cc saja.

    • Melalui Manifold Gauge

    Pengisian oli dari manifold gauge dapat dilakukan setelah proses vacuum. Anda hanya perlu membuka selang dan mengisi oli secukupnya. Jangan lupa tutup kembali selangnya dengan rapat.

    • Memakai Alat Recovery