Berita

    Ini Dia Faktor Penyebab CVT Mobil Rusak

    Pada mobil dengan keluaran terbaru, rata-rata menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Sebagai pengguna mobil dengan teknologi ini, sebaiknya ketahui beberapa hal. Seperti cara perawatan hingga penyebab CVT mobil rusak.

    Sebab, komponen yang satu ini sangat penting pada mobil. Cara kerjanya pun cukup rumit. Namun tenang saja, semua bisa dipelajari kok.

    Gejala dan Cara Penanganan CVT Mobil Rusak

    CVT sebenarnya merupakan teknologi mobil dengan transmisi otomatis. Maka dari itu, tidak perlu melakukan perpindahan gigi, apabila sedang berkendara. 

    Namun berbeda dengan transmisi matic konvensional, pada teknologi CVT rasio gigi bisa tanpa batas. Laju kendaraan pun lebih mulus karena pengoperasian RPM konstan.

    Penyebab Kerusakan pada CVT Mobil

    Pentingnya komponen ini pada mobil, membuat Anda harus menjaganya. Caranya yakni dengan tidak melakukan hal berikut:

            1. Ugal-ugalan dalam Berkendara

    Menyetir dengan kasar dan ugal-ugalan, bisa menyebabkan kerusakan pada CVT. Sebab, teknologi ini tidak didesain untuk berkendara secara agresif. 

    Cara yang paling baik adalah menyetir dengan kecepatan standar. Supaya CVT terhindar dari masalah. Seperti kerusakan komponen ataupun mengurangi masa pakai.

            2. Salah Memindahkan Gigi

    Penyebab berikutnya adalah tidak tepat dalam mengoperasikan gigi. Contohnya saja saat Anda berhenti sebentar di traffic light. Harusnya saat berjalan kembali, pindahkan dulu gear ratio ke gigi D. Baru kemudian melepaskan rem tangan.

    Namun yang terjadi biasanya sebaliknya. Padahal tujuan dari hal ini supaya CVT bisa bersiap sebelum melaju di jalanan. Risiko kerusakan pun bisa diminimalisir.

            3. Penggunaan Oli yang Tidak Tepat

    Penyebab CVT mobil rusak berikutnya adalah salah dalam memilih pelumas mobil. Teknologi CVT memiliki oli khusus yang berbeda dengan transmisi matic konvensional. Maka dari itu, gunakan pelumas standar.

    Jangan lupa untuk melakukan ganti oli secara berkala di bengkel resmi mobil Anda. Untuk menghindari adanya kesalahan perawatan.

    Gejala CVT Mobil Rusak

    Anda bisa mengetahui gejala kerusakan pada CVT mobil, setelah mengalami beberapa hal berikut:

            1. Mobil Mengeluarkan Suara Berisik