Berita

    Temukan Alasan Penting Service Mobil 1,000 Km Pertama

    Sewaktu membeli mobil baru, pasti akan selalu diingatkan oleh pihak dealer untuk melakukan service mobil setelah melewati 100 km atau satu bulan kemudian. 

    Dalam servis kendaraan roda empat atau roda dua, pihak bengkel resmi selalu menggunakan 2 acuan, yaitu waktu dan jumlah kilometer yang tertera pada odometer. Mana yang tercapai lebih dulu itulah yang nantinya akan jadi acuan Anda harus membawa mobil ke bengkel resmi. 

    Namun, masih banyak yang beranggapan jika itu hanyalah formalitas belaka, tidak perlu dilakukan. Bahkan, ada pula yang memilih untuk membawa ke bengkel resmi untuk service berkala setelah ada kerusakan yang dirasakan. 

    Tahukah Anda jika service pertama kali setelah satu bulan mobil dilepas dealer dan Anda ambil atau di saat mobil sudah berkendara sejauh 1,000 km itu sangat penting? Apa alasannya? Apakah bisa merusak mobil jika tidak dilakukan? 

    Pertanyaan itu akan terjawab dalam ulasan ini. Mari simak alasan penting service mobil 1,000 km pertama. 

    1. Montir Akan Melakukan Pemeriksaan untuk Penyesuaian Akhir

    Satu bulan setelah mobil diterima konsumen dan digunakan untuk aktivitas harian, saat itulah waktu yang tepat untuk pihak bengkel resmi melakukan pemeriksaan untuk penyesuaian akhir mobil dengan kondisi jalanan selama dipakai untuk aktivitas harian. Pasalnya, selama ini mobil terdiam di dalam showroom tanpa digunakan untuk berkendara. Maka, ketika diserahkan ke konsumen, mobil secara otomatis harus beradaptasi dengan jalanan yang dilalui. 

    Selain itu, pihak produsen juga dapat memantau bagaimana kondisi mobil. Ketika terjadi malfungsi dari salah satu komponennya, produsen bisa bergerak cepat untuk mengganti dan masukan untuk perakitan selanjutnya. 

            2. Menghindari Terjadinya Malfungsi pada Salah Satu Komponen

    Selama proses perakitan hingga mobil masuk ke dalam showroom, pihak produsen pasti sudah mengecek dan memastikan kendaraan berfungsi dengan baik dan layak untuk dijual. 

    Akan tetapi, Anda tidak tahu berapa lama mobil tersebut berdiam di dalam showroom sampai jatuh ke tangan Anda. Tanpa ada aktivitas atau dipanaskan, lama-lama kondisi komponennya ada yang aus. 

    Itulah alasan penting service mobil 1,000 km pertama. Pasalnya, Anda dapat mengetahui apakah ada komponen yang sudah aus sehingga tidak bisa berfungsi optimal. Pihak produsen pun akan tahu, kira-kira mana yang perlu diperbaiki untuk proses perakitan selanjutnya agar tidak cepat aus.