Berita

    Thermostat: Fungsi, Cara Kerja dan Perawatannya.

    Fungsi thermostat berguna untuk mendinginkan mesin mobil agar tidak sampai terjadi overheat. Sebab, dengan adanya perputaran pada mesin yang tinggi bisa menyebabkan suhu mengalami peningkatan.

    Thermostat berperan penting dalam menjaga agar suhu tetap dingin. Di sini akan dibahas lebih lanjut mengenai fungsi, cara kerja dan juga perawatan thermostat.

    Fungsi Thermostat

    Setelah disinggung tentang apa itu thermostat di atas, saatnya mengetahui apa saja fungsi dari thermostat untuk mobil Anda. Agar Anda jadi lebih memahami apa arti penting memiliki komponen ini pada mobil Anda.

    • Katup Pendeteksi Suhu

    Thermostat sebagai pengukur suhu memiliki fungsi yang dapat mendeteksi suhu dari cairan yang lewat di thermostat.  Jadi secara umum, thermostat memiliki tugas untuk melakukan deteksi suhu pada sirkulasi air ke mesin radiator.

    • Membuka Tutup Katup

    Thermostat dapat mengontrol katupnya dapat terbuka maupun tertutup, bergantung dari suhu air yang melaluinya. Katup akan terbuka jika suhu cairan mencapai 85 hingga 90’ C. Namun, jika air yang melintas tidak sepanas suhu tersebut, katup akan terus menutup.

    Cara Kerja Thermostat

    Sebagaimana fungsinya, peran thermostat adalah untuk menstabilkan suhu mesin dan mendinginkannya, thermostat menjaga mesin berada pada suhu yang paling ideal. Cairan akan dipompa di water pump dan mengalir ke water jacket. 

    Kemudian di deteksilah suhu cairannya dan dikeluarkan dari selang yang tersambung ke bagian radiator mesin. Suhu cairan jadi turun sebab tercampur dengan air radiator. Kemudian suhu yang panas di radiator itu dilepaskan dan dikelola oleh kipas yang ada di balik radiator. 

    Kemudian cairan tersebut dipompa kembali untuk dapat kembali ke mesin dan dilakukan proses penurunan suhu. Selanjutnya, katup pada thermostat bekerja untuk membuka jalan jika cairan sudah memenuhi kebutuhan panas. Jika belum panas maka katupnya akan tetap menutup. Sederhananya, thermostat berfungsi sebagai pengatur proses cooling pada mesin.

    Jenis Thermostat Mobil

    Terdapat 2 jenis dan fungsi thermostat pada mobil yang bisa Anda pakai:

    • Thermostat Bypass Tanpa Katup

    Pada umumnya berada pada kendaraan keluaran lama dan sudah jarang bagi mobil yang terkini memakai thermostat bypass. Harganya memang cenderung lebih murah tapi ketika terjadi kerusakan pada komponen ini tidak ada pengamanan.

    • Thermostat Bypass dengan Katup